Menjaga semangat kerja hingga menjelang akhir pekan bukan hal mudah. Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang menjadi malas dan tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Menurut laman magforwomen.com, ada sejumlah cara meningkatkan semangat kerja yang bisa dilakukan kapanpun dengan mudahnya oleh semua pekerja tanpa terkecuali.

cara meningkatkan semangat kerja
Berpikir positif, cara meningkatkan semangat kerja (doc/abcnews.com)

1. Berkumpul dengan teman sekantor

Jika semangat kerja mulai menurun, coba luangkan waktu berkumpul sebentar dengan teman-teman sekantor untuk saling menghibur diri. Bahas segala sesuatu yang menyenangkan, atau bisa juga menceritakan soal pekerjaan sehari-hari untuk mengurangi beban pikiran. Kegiatan ini akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan terasa santai. Dengan begitu semangat pun meningkat dan siap melanjutkan pekerjaan yang tertunda.

2. Bercengkrama dengan hewan peliharaan kesayangan

Meluangkan waktu untuk bermain dengan hewan peliharaan kesayangan ternyata salah satu cara meningkatkan semangat kerja. Lakukan sebelum dan sesudah bekerja di kantor. Bagi pecinta ikan, taruh saja akuarium ikan ukuran kecil di meja kerja yang memungkinkan anda bermain sebentar untuk menghilangkan jenuh saat bekerja. Jika anda bukan seseorang yang gemar memelihara hewan, coba ganti dengan kegiatan berkebun atau menaruh tanaman bonsai atau kaktus di meja kerja.

3. Kunjungi tempat yang menyenangkan

Coba luangkan waktu mengunjungi tempat yang menyenangkan untuk menghapus penat. Tidak perlu pergi liburan ke luar kota, cukup datangi taman kota di sekitar tempat tinggal. Nikmati pemandangan di sana sembari membaca buku atau coba pergi ke tempat pemancingan. Mengunjungi tempat-tempat baru di sekitar tempat tinggal bisa dianggap sebagai liburan murah yang menyenangkan.

4. Pemikiran positif

Cara meningkatkan semangat kerja yaitu menyingkirkan segala macam pikiran negatif. Oleh karena itu, jangan bawa masalah pribadi ke kantor. Berpikir positif akan sangat membantu mengatasi beragam permasalahan yang menjadi beban hidup. Berpikir positif juga akan membuat segala sesuatu terasa lebih mudah dan menghilangkan kejenuhan saat sedang bekerja di kantor.

5. Lakukan hobi atau kegemaran

Adapun salah satu cara meningkatkan semangat kerja yaitu melakukan hobi atau kegemaran tertentu. Menurut penelitian para ahli, hobi bantu melepaskan penat dan beban, sehingga membangkitkan suasana hati (mood). Oleh karena itu, cari hobi atau aktifitas yang bikin semangat kembali lagi.