Hari Senin bagi sebagian orang sering dipandang sebagai musuh yang ingin dihindari, anggapan itu tumbuh subur di benak para pekerja. Sejumlah pegawai merasa malas dan tak semangat menghadapi setumpuk tugas di hari pertama tersebut, apalagi usai menikmati hari libur di akhir pekan lalu.

Menurut laman magforwomen.com, menghabiskan liburan seru di akhir pekan bisa membuat seseorang malas kembali beraktifitas di awal pekan, apalagi harus melangkahkan kaki ke kantor.

tips semangat bekerja di hari senin
musik, tips semangat bekerja di hari senin (doc/road.issn.org)

Sebenarnya itu bukan kendala berarti karena beberapa orang justru berhasil mengatasinya. Berikut tips semangat bekerja di hari senin untuk para pekerja.

1. Persiapan lebih awal

Sebelum menikmati waktu liburan di akhir pekan, tak ada salahnya bila menyiapkan semua kebutuhan kerja untuk hari Senin mendatang. Jadi, tak perlu repot memikirkan aktifitas di awal pekan itu. Menikmati liburan jadi lebih menyenangkan sebab tak perlu membawa beban kerja.

2. Cari sebuah tujuan

Adapun tips semangat bekerja di hari senin yaitu mencari sebuah tujuan yang bermanfaat, entah itu berkaitan dengan urusan keluarga ataupun pekerjaan. Bila semua pekerjaan dimulai dengan sebuah tujuan yang jelas, maka semakin semangat menyelesaikan pekerjaan dalam satu minggu ke depan. Jadi tak perlu bermalas-malasan, kan?

3. Dengarkan musik

Alunan irama dan lirik bisa memotivasi seseorang. Oleh karena itu, awali pagi dengan mendengarkan musik favorit saat melangkahkan kaki ke kantor atau sebelum mulai beraktifitas di meja kerja. Putar lagu-lagu fresh yang memberi inspirasi yang membuat anda bisa menikmati hari-hari hingga menyambut akhir pekan.

4. Tidur berkualitas

Kurang tidur turut mempengaruhi semangat seseorang sehingga enggan menyambut hari Senin dengan tangan terbuka. Oleh karena itu, menikmati hari Sabtu dengan beragam aktifitas hiburan, namun luangkan waktu untuk menenangkan tubuh dan pikiran di hari Minggu. Adapun tips semangat bekerja di hari Senin yaitu jangan tidur larut malam, pastikan jam 9 malam sudah berada di atas kasur tanpa melakukan aktifitas gadget dan sebagainya. Segera matikan lampu kamar dan tidur!

5. Ngobrol dengan orang yang dicintai

Sebelum berangkat bekerja, coba buka obrolan ringan dengan keluarga, anak, istri ataupun menelpon pacar. Inilah salah satu tips semangat bekerja di hari senin yang sudah terbukti ampuh. Ngobrol lewat pesan singkat atau instant messaging juga memberi efek serupa.