Menikmati akhir pekan tanpa melakukan apapun alias bermalas-malasan di rumah, ternyata memberi pengaruh negatif ketika akan mulai bekerja di hari Senin. Jadi tak perlu heran bila produktivitas para pegawai umumnya menurun drastis di awal pekan.

Menurut laman Business Insider, banyak hal yang menyebabkan semangat para pegawai menurun saat melangkahkan kaki ke kantor, salah satunya adalah kondisi lalu lintas padat merayap alias macet. Belum lagi harus menghadapi setumpukan tugas dan jadwal rapat padat yang membebani pikiran.

prioritas, kebiasaan baik yang meningkatkan kinerja  kerja (doc/inhabitat.com)
prioritas, kebiasaan baik yang meningkatkan kinerja kerja (doc/inhabitat.com)

Lalu, bagaimana menjaga produktifitas kerja agar tidak menurun? Buatlah kebiasaan baik agar semakin rajin bekerja di kantor.

1. Ngobrol dengan teman

Sesudah tiba di kantor, buka aktifitas pagi hari dengan obrolan ringan bersama rekan atau teman kerja di kantor. Jangan membicarakan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, bahas sesuatu yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran sebelum beraktifitas.

2. Membuat prioritas kerja

Salah satu tips semangat bekerja di hari Senin yaitu membuat prioritas kerja. Ternyata itu bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk meningkatkan produktifitas. Sebelum mengawali aktifitas keesokan harinya, susun daftar prioritas lalu cari tahu aktifitas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang belakangan. Jika pandai menyusun prioritas dengan tepat dan sesuai kebutuhan, maka produktifitas kerja akan meningkat dan tidak terjebak dalam kejenuhan.

3. Dengerkan musik

Adapun salah satu cara meningkatkan semangat kerja yaitu mendengarkan lagu-lagu favorit. Aktifitas ini bisa dilakukan saat melangkahkan kaki ke kantor atau sebelum mulai bekerja. Mendengarkan lagu favorit bisa dijadikan obat manjur untuk mengusir suntuk dan penat saat siang hari menjelang. Dengan ini, produktifitas tidak terganggu dan semua pekerjaan bisa terselesaikan tepat waktu tanpa kendala apapun.

4. Berpikir positif dan maju

Singkirkan segala macam pikiran negatif yang justru menghambat kinerja. Oleh karena itu, jangan pernah membawa masalah pribadi ke kantor atau pekerjaan. Ciptakan pemikiran positif demi mengatasi beragam permasalahan yang menjadi beban hidup selama ini. Dengan berpikir positif, maka segala sesuatu terasa lebih mudah dan mengusir kejenuhan saat sedang bekerja di kantor.