Industri musik Indonesia kembali diramaikan dengan kehadiran penyanyi dan penulis lagu, Isyana Sarasvati. Dalam catatan profil dan biodata, Isyana merupakan lulusan dari dua lembaga pendidikan di luar negeri, yakni Nanyang Academy of Fine Arts (Singapura) dan Royal College of Music (Britania Raya). Jadi tak perlu meragukan kemampuan musikalitasnya.

Berdasarkan laman profil Isyana Sarasvati di wikipedia, wanita kelahiran 2 Mei 1993 itu menyukai genre musik R&B, pop, soul dan jazz. Meski vokalnya halus, tetapi nuansa black music terasa kuat di setiap alunan musik. Selain itu, gadis berparas cantik ini juga memiliki latar belakang sebagai penyanyi opera. Tak heran sejumlah kalangan menyebutnya perpaduan Raisa dan Mariah Carey.

biodata isyana sarasvati
Isyana Sarasvati, jago nyanyi dan main alat musik. (doc/ghiboo.com)

Isyana Sarasvati mulai dikenal publik saat meluncurkan single perdana, Keep Being You. Lagu itu sangat kental unsur R&B yang diracik secara sempurna. Ternyata, semua aransemen lagi ditulis sendiri dan sedikit mengingatkan pendengar akan single lawas Mariah Carey yang berjudul We Belong Together.

Lagu itu terdengar sangat renyah di telinga, apalagi dilengkapi lirik yang menyentuh hati. Sebenarnya lagu ini diperuntukkan bagi kaum pria agar menjadi diri sendiri dan tak mengandalkan uang untuk membeli perasaan seorang wanita.

Berbicara soal genre musik, ternyata Isyana Sarasvati tak mau fokus pada satu genre dan lebih suka mencoba beragam genre. “Saya ingin mengkategorikan musikku sebagai genre ‘pop eksplorasi’. Ada beragam unsur dalam single ‘Keep being You’ seperti Jazz, Soul, pop klasik dan RnB,” ucapnya kepada wartawan.

Dalam laman profil Isyana Sarasvati di wikipedia, bungsu dari dua bersaudara ini tak hanya jago nyanyi namun pandai memainkan alat musik seperti piano, organ listrik, seruling, biola, dan saksofon. Bakatnya yang tergolong besar di dunia musik membuat Sony Music Entertainment Indonesia tertarik merekrutnya.

Berikut profil dan biodata Isyana Sarasvati

  • Nama: Isyana Sarasvati
  • Tempat/tanggal lahir: Bandung, 2 Mei 1993
  • Zodiac : Gemini
  • Orangtua: Sapta Dwikardana (Ayah) & Luana Marpanda (Ibu)
  • Genre musik: R&B, pop, soul dan jazz
  • Instrumen: piano, organ listrik, seruling, biola, dan saksofon
  • Label   Sony Music Entertainment Indonesia
  • Single: Keep Being You (2014), Tetap Dalam Jiwa (2015)
  • Penghargaan: Female Singer of the Year & Breakthrough Artist of the Year (masuk nominasi NET. Indonesian Choice Awards 2015)