Harga BBM terus melonjak naik sehingga konsumen mulai beralih pada kendaraan roda empat yang irit bahan bakar tetapi performa nomer satu. Isu kenaikan BBM ditanggapi serius oleh sejumlah pabrikan mobil dan berlomba-lomba menciptakan produk yang irit, yakni mengusung mesin berkapasitas kecil.

Pasar otomotif Indonesia saat ini dihiasi dengan mobil bermesin 1000cc atau 1.0 liter dengan beraneka ragam jenis, mulai dari hatchback, city car hingga MPV. Meski kapasitas mesin kecil, kendaraan mengusung handling lincah agar nyaman dikendarai di jalanan perkotaan dan terhindar kemacetan.

mobil bermesin 1000cc
Toyota Agya, mobil bermesin 1000cc (doc/semisena.com)

Berikut enam mobil bermesin 1000cc yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

1. Xenia

Salah satu mobil MPV paling laris di Indonesia yang sengaja dirancang oleh Daihatsu sebagai kendaraan keluarga multi fungsi. Popularitas mobil ini tak hanya menjangkau masyarakat perkotaan besar, bahkan turut menghiasi jalanan pedesaan bahkan perkampungan. Sebagai mobil 1000cc, ada dua tipe yang tersedia yaitu D dan M dengan rentang harga Rp 144,9 juta – Rp 169,2 juta.

2. Fiesta EcoBoost

Mobil pabrikan Negeri Paman Sam ini mengandalkan Fiesta EcoBoost untuk menaklukkan segmen 1,0 liter di Indonesia. Ford telah memasarkan mobil hatchback ini secara global dan memperoleh sambutan hangat. Adapun keunggulan utama yaitu mesin kecil tetapi output gahar nan irit BBM. Adapun kekuatan dapur pacu Ford Fiesta EcoBoost yaitu 120 Tk dan torsi 170 Nm.

3. Karimun Wagon R

Karimun Wagon R merupakan produk unggulan Suzuki yang termasuk mobil bermesin 1000cc. Kendaraan roda empat ini sanggup menghasilkan 67 Tk dan torsi 90 Np sehingga masuk pula dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Keunggulan Karimun Wagon R terletak pada transmisi baru Auto Gear Shift (AGS) yang menghadirkan pengalaman berkendaraan mobil otomatis dan manual.

4. Morning

Mobil besutan KIA yang mengusung gaya Eropa, tampak jelas dari desain bumper depan dan grill. Mengusung mesin 1,0 liter DOHC CVVT dan transmisi manual lima percepatan, Adapun daya maksimal yang dihasilkan yaitu 69 PS dan torsi 94,14 Nm.

5. Agya

Salah satu mobil bermesin 1000cc yang menjadi andalan Toyota dan diekspor hingga ke Filipina dengan nama Wego. Kendaraan roda empat ini masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC), namun performa tetap agresif dan tampilan warna menggoda.

6. Ayla

Mobil bermesin 1000cc yang termasuk segmen Low Cost Green Car (LCGC), dimana keunggulan utama terletak pada fitur keselamatan seperti dual SRS airbags di posisi penumpang depan dan pengemudi, serta pretensioner & force limiter seat belt demi meningkatkan keselamatan pengguna saat terjadi kecelakaan.