fairphone-2_2

Teknoflas.com – Ponsel modular atau handphone bongkar pasang tak hanya dikembangkan oleh Google dengan Proyek Ara-nya. Ada pula perusahaan lain yang melakukan hal serupa. Salah satunya adalah Fairphone yang mempunyai produk smartphone modular serupa bernama Fairphone 2.

Handphone modular Fairphone 2 ini pun diklaim secara khusus didesain untuk pemakaian jangka panjang. Pemilik ponsel pun tidak perlu khawatir kalau ponsel Fairphone 2 ini cepat rusak. Kalaupun ada bagian ponsel yang rusak, tinggal menggantinya dengan modul lain. Sebagai tambahan, penggantian komponen ponsel juga bisa dilakukan sendiri

Pihak Fairphone mengatakan kalau ponsel ini didesain agar bisa diperbaiki secara langsung oleh pemiliknya. Bahkan kalau ingin mengganti layar yang telah rusak, bisa dilakukan tanpa harus menggunakan peralatan teknis seperti obeng atau sejenisnya. Namun lain halnya kalau harus mengganti modul seperti kamera, speaker atau unit receiver.

Mayoritas komponen pada ponsel modular ini pun bisa diganti. Namun tentu saja ada bagian inti yang tidak bisa dibongkar pasang. Bagian inti yang dimaksud adalah CPU, memory serta antena. Tak hanya punya desain bongkar pasang, handphone ini memiliki spesifikasi cukup menarik. Berlayar 5 inci full HD, prosesor Snapdragon 801, RAM 2GB, kamera utama 8MP serta baterai berkapasitas 2420mAh.

Ponsel ini bakal menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1. Untuk harga jualnya, kemungkinan Fairphone 2 ini akan dipasarkan seharga 590 USD dan akan mulai dijual pada kuartal ketiga tahun ini.