Tak semua orang berani mengambil resiko menjadi seorang pengusaha, apalagi sebelumnya menjalani profesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Biasanya, mereka butuh simpanan satu tahun gaji sebelum nekad beralih profesi.

Menurut penuturan Peter Daisyme, pendiri Hosting Inc, banyak orang yang ragu menjadi seorang pengusaha karena tak memiliki banyak simpanan. Itulah salah satu ketakutan yang menghambat seseorang untuk mendirikan atau memulai usahanya.

cara menjadi pengusaha sukses
4 cara menjadi pengusaha sukses (doc/viva.id)

Lalu, bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Daisyme menyarankan agar berani mengatasi ketakutan untuk memulai bisnis dan fokus pada pertumbuhan. Semua langkah yang dijalani tentu menemui hambatan, tetapi kesuksesan juga telah menunggu di depan mata bila terus yakin mengejar impian. Berikut ini empat cara menjadi pengusaha sukses yang menginspirasi.

1. Usir ketakutan

Seseorang akan diliputi ketakutan saat terjun ke dunia wirausaha dan mulai berpikir tentang segala sesuatu yang tidak pasti. Oleh karena itu, mulailah menyusun perencanaan yang tepat sasaran. Setiap pengusaha pernah menjalani bisnisnya dengan skenario terburuk dan merugi, namun selalu mencari solusi untuk mengatasinya. Oleh karena itu, jangan takut melihat kegagalan dan kejar terus impian.

2. Membangun relasi

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses yaitu membangun jaringan pertemanan atau relasi yang berhubungan langsung dengan sektor bisnis yang tengah digeluti. Coba pergi mengunjungi konferensi atau pertemuan yang sesuai bidang usaha untuk sekedar menambah daftar kontak. Semakin banyak menemui orang yang berkaitan dengan bisnis anda, maka kesempatan untuk maju semakin besar. Mereka semua bisa dijadikan partner, investor, mentor ataupun klien di masa depan.

3. Selalu belajar

Meskipun pengalaman adalah guru paling berharga, seorang pengusaha harus selalu mempelajari hal-hal baru demi meningkatkan keterampilan dan keahlian. Cara menjadi pengusaha sukses tak mewajibkan anda kuliah lagi di universitas, namun cukup mengambil kursus, pelatihan ataupun mengikuti seminar. Jangan lupa meluangkan waktu untuk membaca berita dan buku yang berkaitan dengan sektor bisnis anda.

4. Perencanaan keuangan

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses yaitu menyusun perencanaan keuangan secara tepat. Mulailah menganalisis keuangan sebelum berbisnis, cari tahu besaran modal, keuntungan yang diperoleh, kebutuhan investor dan sebagainya. Coba cari alternatif menarik yang bisa menurunkan biaya operasional tanpa mengurangi kualitas.