Kehadiran beragam smartphone anyar yang mengusung teknologi terbaru menjadi idaman konsumen. Ponsel pintar tak hanya dipakai sebagai alat komunikasi, namun melengkapi segala aktifitas harian.

Demi membeli smartphone keluaran anyar, banyak orang rela mengeluarkan uang usai menabung selama beberapa bulan. Selain bagian dari faktor kebutuhan, sebagian kecil orang ingin terlihat up-to-date bila memakai smartphone generasi baru. (baca: Cara Agar Tidak Salah Membeli Smartphone Supercopy)

tips sebelum membeli smartphone
6 tips sebelum membeli smartphone (doc/szaktudas.com)

Saking banyaknya kehadiran ponsel pintar di pasaran, konsumen harus pintar dalam memilih agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini sejumlah tips sebelum membeli smartphone.

Desain atraktif

Demi mencuri perhatian konsumen, sejumlah produsen lebih fokus ke desain, mulai dari konsep layar ponsel, baterai yang bisa dicopot, dukungan memori eksternal hingga pemakaian bahan premium yang memberi kesan mewah bagi sang pengguna. Oleh karena itu, perhatikan segi desain sebelum membeli dan pastikan sudah sesuai keinginan.

Ukuran Layar

Berapa ukuran layar yang paling ideal? Tergantung keinginan! Sekarang ini banyak orang yang lebih menyukai smartphone berlayar bongsor, setidaknya berukuran 5,1 inci ke atas. Selain lebih nyaman di mata, pengguna pun tidak merasa kesulitan bila harus membalas pesan dan mengerjakan aplikasi perkantoran.

Kamera

Tips sebelum membeli smartphone yaitu memperhatikan kekuatan kamera. Aktifitas berfoto lewat ponsel memang tengah digemari karena lebih efektif daripada harus membawa kamera digital. Selain memperhatikan kamera belakang (utama), pastikan kamera depan mengusung resolusi yang memadai agar kualitas foto selfie lebih tajam.

Kekuatan Prosesor

Konsumen rela merogoh kocek lebih dalam demi membeli smartphone yang mengusung dapur pacu gahar, baik dari segi chipset, prosesor, GPU dan memori RAM. Keinginan mendapatkan smartphone berspesifikasi kelas atas di dorong atas kebutuhan untuk browsing, main game online ataupun menonton video favorit.

Konektivitas

Adapun tips sebelum membeli smartphone yaitu memperhatikan ketersediaan fitur konektivitas. Sekarang konsumen mempertimbangkan 4G LTE, WiFi, NFC (Near Field Communication) dan Bluetooth.

Daya Tahan

Faktor lain yang dipertimbangkan konsumen adalah daya tahan smartphone. Tak seperti ponsel jadul, beberapa merek dan tipe smartphone ternyata lebih rentan rusak apabila terjatuh dan menghantam lantai. Oleh karena itu, pengguna pun memakai anti gores tambahan atau pelindung agar terlindung dari benturan. Adapun tips sebelum membeli smartphone yaitu perhatikan ketahanan terhadap goresan, benturan dan air.