Sebagian konsumen mencari smartphone tak hanya untuk kebutuhan komunikasi saja, melainkan hiburan untuk sekedar bermain game. Harus diakui perkembangan game Android terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, bahkan kualitasnya sebanding dengan game untuk perangkat PC dan konsol. Berikut 6 tips memilih smartphone buat game agar berjalan lancar tanpa ngadat.

tips memilih smartphone buat game
Layar, tips memilih smartphone buat game (doc/videogamewriters.com)

Layar

Pengen main game HD? Disarankan memilih smartphone yang mengusung layar 5 atau 6 inci. Selain memperhatikan ukuran, cari tahu pula kapasitas resolusi yang dihasilkan setidaknya 720 x 1280 pixel. Layar mengusung resolusi tinggi berpengaruh langsung terhadap kualitas gambar yang dihasilkan.

Prosesor & GPU

Peran prosessor sangat penting saat menjalankan game. Tips memilih smartphone buat game untuk hasil optimal yaitu pilih yang mengusung prosesor Quad Core atau memakai arsitektur Cortex 15 yang sudah terbukti kualitasnya. Sementara sektor grafis, pilih saja GPU Mali, PowerVR 6 series, Adreno 3xx atau 4xx yang terbaru. Prosesor dan GPU merupakan dua elemen penting tak terpisahkan, oleh karena itu beli smartphone yang mengusung seri terbaru dari keduanya.

Memori RAM

Tips memilih smartphone buat game yaitu memperhatikan kapasitas memori RAM. Smartphone gaming setidaknya terpasang memori RAM 1 GB atau lebih dari itu. Semakin besar kapasitas RAM, bermain game semakin lancar dan tanpa ngadat karena kinerja prosesor tidak terbebani.

Memori

Ruang penyimpanan atau memori sangat dibutuhkan untuk menyimpan data atau menginstal game HD. Supaya lebih leluasa memainkan game, pilih smartphone yang menawarkan memori internal minimal 8GB dan tersedia slot memori eksternal untuk penambahan kapasitas ruang penyimpanan.

Kapasitas baterai

Tips sebelum membeli smartphone buat nge-game yaitu kapasitas baterai. Bermain game HD akan menguras lebih banyak tenaga/daya sehingga disarankan memilih ponsel pintar dengan kapasitas baterai memumpuni. Selain mencari kapasitas lebih besar, cari tahu pula daya tahan baterai pada smartphone untuk segala macam aktifitas, entah itu standby, talk time, putar video, musik, browsing atau main game.

Versi OS Android

Agar proses instalasi game semakin mudah, pastikan membeli smartphone yang mengusung sistem operasi terbaru. Jadi, tips memilih smartphone buat game yaitu cari yang menawarkan OS minimal Jelly Bean. Semakin baru versi OS yang digunakan, maka semakin baik.