Smartphone bekas jadi pilihan alternatif bagi anda yang kekurangan dana, apalagi sebagian besar dijual dengan harga terjangkau dibandingkan produk baru. Meskipun demikian, calon pembeli perlu mewaspadai sejumlah kekurangan jika tak mau merugi di kemudian hari. Berikut lima tips membeli smartphone bekas berkualitas.

tips membeli smartphone bekas
Cek IMEI, tips membeli smartphone bekas

Cek fisik & kelengkapan

Sebelum membeli smartphone bekas, coba perhatian fisik bodi ponsel secara seksama. Tengok bagian pinggiran bodi dan layar, apakah ada penyok atau retak. Periksa juga bagian dalam ponsel, apakah baterai masih ok dan berfungsi baik. Bila fisik smartphone terawat baik, lakukan pemeriksaan keaslian pada kelengkapan penunjang seperti kabel HDMI, handsfree dan charger. Kelengkapan yang masih asli atau original lebih tahan lama dibandingkan yang palsu, jadi tak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kelengkapan yang rusak.

Cek harga pasaran

Sejumlah pihak tak bertanggung jawab biasanya menjual smartphone bekas dengan harga super miring. Namun jangan cepat tergiur dengan penawaran yang berkedok penipuan. Adapun tips membeli smartphone bekas yaitu mengecek harga pasaran dan membandingkan harga jual bekas dengan baru. Jika selisihnya hanya Rp 200 – 500 ribu, lebih baik uangnya ditabung beli smartphone baru.

Cek riwayat smartphone

Sebagai calon pembeli, jangan ragu menanyakan segala sesuatu yang mendetail, termasuk riwayat smartphone. Coba tanyakan mengenai kondisi barang, apakah sudah pernah di servis atau belum. Sesuatu yang tampak dari luar biasanya menipu, oleh karena itu tanya sedetail mungkin tentang kondisi ponsel pintar ini. (Baca: 6 Tips Membeli Smartphone Android Bekas Tanpa Merugi)

Cek Nomor IMEI

Adapun tips sebelum membeli smartphone bekas yaitu mengecek nomor IMEI, langkah ini memungkinkan calon pembeli mengetahui produk itu asli atau palsu. Nomor IMEI bisa dilihat langsung via stiker IMEI yang tertempel di bagian belakang ponsel, terutama dekat lokasi baterai. Cek juga lewat tombol kombinasi *#06# (Android) lalu tekan call/yes atau tahan tombol ALT + SHIFT + H secara bersamaan (Blackberry). Perhatikan nomer IMEI yang tertera di stiker dan layar ponsel, pastikan sama.

Cari garansi

Tips membeli smartphone bekas yaitu memastikan garansi produk masih berlaku sehingga ponsel bisa dibawa ke tempat servis bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan adanya kartu garansi, anda tak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk biaya perbaikan.