Smartphone Android kini merambah pasar Indonesia dengan cepat, sejumlah produk anyar pun selalu hadir dalam setahun. Meskipun demikian, permintaan akan smartphone android bekas tetap selalu ada karena harga lebih terjangkau dan sebagian orang menginginkan ponsel Android tertentu yang sudah tak dipasarkan lagi. Berikut 6 tips membeli smartphone android bekas agar tak kecewa di kemudian hari.

Tips membeli smartphone android bekas
Cek kelengkapan, Tips membeli smartphone android bekas (doc/tokopedia.com)

Perbandingan harga

Tips sebelum membeli smartphone Android bekas, yaitu cek dahulu harga pasaran dari seri atau tipe ponsel yang ingin dibeli. Cara paling mudah yaitu mengecek harga via internet. Di sana anda bisa mengetahui harga rata-rata dari sebuah produk, setiap toko biasanya menetapkan harga berbeda-beda tergantung kondisi produk tersebut. Oleh karena itu, jangan cepat tergoda dengan penawaran smartphone android bekas di bawah harga pasaran.

Cek kelengkapan

Usai menemukan smartphone android bekas yang diinginkan dan harganya cocok di kantong, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek kelengkapan barang seperti headset, kabel HDMI, charger dan sebagainya. Jangan sampai ada yang kurang ataupun rusak karena bakal mengurangi fungsi optimal smartphone. (Baca: 5 Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas Tanpa Rugi)

Cek garansi

Tips membeli smartphone android bekas yaitu memeriksa ketersediaan dan validitas garansi. Jika garansi masih berlaku dan masih jauh dari tanggal deadline, tentu menguntungkan si pembeli jika smartphone terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari. Apabila kartu garansi sudah tidak berlaku, cari tahu penyebabnya kepada si penjual karena bisa saja smartphone pernah diperbaiki di dealer resmi atau tak resmi sehingga masa garansi pun habis. Ada atau tanpa kartu garansi sebenarnya mempengaruhi harga jual smartphone.

Cek IMEI

Pastikan nomer IMEI yang tertera di balik perangkat Android sama persis dengan yang tertera di ponsel. Untuk mengecek nomer IMEI yang tertanam di sistem ponsel Android, tekan saja kombinasi tombol *#06# dan pilih call/yes.

Cek fisik

Adapun tips membeli smartphone android bekas yaitu melakukan pemeriksaan sedetil mungkin pada bodi ponsel, baik di segi layar, casing atau baterai. Pastikan stiker dan label hologram masih tertempel di bagian belakang ponsel, perhatian kondisi baterai yang belum atau sudah menggembung. Kondisi fisik akan mempengaruhi harga jual, bila masih mulus dan kondisi di atas 95% maka harganya masih mahal.

Cek software, sensor & fitur

Coba cek software android yang dipakai, apakah masih mengusung software lama atau sudah diupgrade resmi. Cek pula semua fitur dan sensor, pastikan semuanya bekerja sempurna karena ini mempengaruhi penetapan harga. Demikian tips membeli smartphone android bekas yang memungkinkan pembeli terhindar dari pengambilan keputusan yang salah.