Ayu Gani membuat Indonesia bangga karena memenangi acara bergengsi Asia’s Next Top Model 2015. Wanita bernama asli Ayu Lestari Putri Gani menyingkirkan konstestan lain, masuk final tiga besar dan keluar sebagai pemenang. Dia pun berkesempatan menjajal panggung catwalk sebagai model internasional.

Profil Ayu Gani diburu para netizen tanah air karena menjadi kontestan pertama dari Indonesia yang masuk nominasi tiga besar dalam sejarah acara tersebut. Pada akhirnya, dia keluar sebagai pemenang dengan menyisihkan kontestan lainnya yakni Monika Sta. Maria (Filipina) dan Aimee Cheng-Bradshaw (Singapura).

Perjalanan awal

foto ayu gani
Foto Ayu Gani, juara Asia’s Next Top Model 2015 (doc/jawapos.com)

Dalam catatan profil Ayu Gani, wanita kelahiran 1991 itu lahir di Kota Solo, Jawa Tengah lalu pindah ke Yogyakarta. Selepas lulus SMA, dia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Sanata Dharma mengambil jurusan sastra Inggris dan menerima beasiswa dari Cincinnati, Ohio selama setahun karena menyimpan talenta hebat di bidang musik. Setelah itu, dia memutuskan pindah ke Ibukota Jakarta dan belajar bisnis fashion di LaSalle College Jakarta.

Awal karir

foto ayu gani
Foto Ayu Gani

Di tahun 2011 silam, Ayu Gani mengikuti salah satu kompetisi modeling bergengsi di Indonesia, yakni Wajah Femina. Dia mendaftar sebagai perwakilan dari Yogyakarta dan menyabet penghargaan “The Most Favorite”. Jatuh cinta dengan dunia model, dia pun semakin getol mengikuti beragam ajang seperti Indonesia Fashion Week, Jakarta Fashion Week hingga Jakarta Fashion and Food Festival.

Wajah cantik Ayu Gani sempat menjadi cover majalah Femina Indonesia dan Surface Magazine, kerap pula tampil di sejumlah majalah Indonesia seperti HighEnd dan Grazia. Selain itu, dia sempat menjadi model untuk situs jual beli online, Zalora.

Asia’s Next Top Model 2015

foto ayu gani
Ayu Gani & 2 kontestan Asia’s Next Top Model 2015 (doc/kompas.com)

Ayu Gani merupakan satu dari tiga perwakilan Indonesia untuk acara season ketiga ini, bersama Tahlia Raji dan Rani Ramadhany. Dia termasuk salah satu dari 14 finalis Asia’s Next Top Model 2015 dan menembus babak tiga besar bersama Monika Sta. Maria (Filipina) dan Aimee Cheng-Bradshaw (Singapura). Selama acara ini berlangsung, ia menjalin kedekatan dengan sejumlah kontestan lainnya seperti Barbara, Melissa, Kirsteen “KB”, Tahlia dan Rani.

Berikut profil Ayu Gani, sang pemenang Asia’s Next Top Model 2015.

  • Nama: Ayu Lestari Putri Gani
  • Kelahiran: Solo, 1991
  • Almamater: LaSalle College Jakarta
  • Pekerjaan: Model
  • Tahun aktif: 2009 – sampai sekarang
  • Tinggi: 173 cm (5 ft 8 in)
  • Berat: 48 kg (106 lb; 7 st 8 lb)
  • Warna rambut: Hitam
  • Warna mata: Hitam
  • Ukuran sepatu: 37
  • Manajer: Storm Model Management