Kemunculan mengejutkan akun Instagram Jual Bayi Murah yang beralamat di @jualbayimurah telah membuat netizen Indonesia geram. Sesuai dengan namanya, akun yang tidak diketahui pemiliknya tersebut menawarkan bayi untuk dijual dari sejumlah foto yang sudah diunggah dan diposting. Menyikapi hal ini, polisi pun siap turun tangan untuk menyelidiki kebenaran akun tersebut.

Dalam biodata akun tersebut, tertera nama Panti Asuhan Bayi Parartasih yang terletak di Jl. Jatinegara Barat 122, Jakarta 13320 dan nomer kontak (021) 8514938. Bahkan si pemilik akun tak ragu-ragu menuliskan kalimat “TRUSTED. Ambil bayi langsung melalui panti asuhan.”

foto akun instagram jual bayi murah
Polisi selidiki akun instagram jual bayi murah @jualbayimurah.

Saat berusaha menghubungi nomer kontak yang tertera, tidak ada jawaban sama sekali untuk sekedar mengangkat gagang telepon. Hingga kini, akun kontroversial itu sudah memposting enam foto bayi yang konon bisa diambil langsung di alamat Panti Asuhan Bayi Parartasih dengan membayar kisaran Rp 10 juta. (Baca: Panti Parartasih Bantah Kepemilikan Akun Jual Bayi Murah)

Kemunculan akun ini menuai protes, kecaman dan komentar negatif dari para netizen Indonesia. Banyak yang mengaku tidak percaya dengan si pemilik akun, bahkan menuliskan makian dan hujatan.

“Astaga, bayi aja dijual. Sudah gila nih pemilik akun,” ketik akun bernama michelle.kolopaking.

“Ini kok sinting banget! Bayi itu bukan barang, kok dijual! Akun ini harus ditutup, hentikan penjualan bayi atau kami laporkan anda ke polisi. Gila!” ketik chacasitohang.

Menyikapi hal tersebut, Umar Faruk selaku Kapolres Jakarta Timur mengaku belum menerima laporan soal kemunculan akun anonim tersebut. Namun Umar menjanjikan pihaknya segera menyelidiki adanya tindakan dan maksud buruk yang dilakukan oleh si pemilik akun tersebut.

“Pasti kami segera selidiki. Saya bakal perintahkan jajaran intel dan reserse untuk memeriksa soal kebenaran akun tersebut, begitu juga soal pencatutan alamat di biodata,” ucap Umar saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (20/6).

Ternyata foto-foto bayi yang terpampang di akun Instagram Jual Bayi Murah @jualbayimurah merupakan hasil pencurian foto pengguna internet. Hal itu terungkap saat pengguna media sosial bernama Samuel Sabandar menuliskan komentar pedas soal pencurian foto putrinya, begitu juga akun @tiara122188 yang geram dengan pencatutan foto anak saudaranya.