Rasa lapar seakan tak terbendung usai seharian berpuasa, melihat aneka macam hidangan lezat seperti ayam goreng, jus buah dan kolak membuat perut ingin melahap semuanya. Namun, alangkah baiknya memilih menu buka puasa sederhana demi menjaga kesehatan. Mengapa demikian?

“Buka puasa tidak harus mengkonsumsi makanan berat, cukup awali dengan yang manis-manis sehat untuk menaikkan kembali gula darah di dalam tubuh,” ucap dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi di Siloam Hospital, saat menjawab pertanyaan wartawan.

menu buka puasa sederhana
Kurma, menu buka puasa sederhana (doc/iberita.com)

Meskipun dianjurkan berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman manis, ada beberapa hal yang harus dihindari, terutama mengandung gula dan karbohidrat sederhana seperti sirup, teh manis ataupun kolak.

Makanan yang mengandung gula termasuk bagian dari jenis karbohidrat sederhana, artinya senyawa gampang dipecah dan dicerna tubuh menjadi gula darah. Apabila dikonsumsi secara berlebih justru membahayakan tubuh karena gula darah otomatis meningkat cepat. Tak hanya itu, gula darah juga dapat menurun cepat sehingga mudah lemas, mengantuk dan berpotensi kegemukan.

“Karbohidrat sederhana lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga gula darah pun meningkat tajam, tetapi bisa turun cepat,” ucap dr Samuel.

Dia pun menyarankan menu buka puasa sederhana yang menyehatkan badan, tidak sekedar manis karena mengandung gula. Jus buah tanpa gula tambahan dan kurma lebih dianjurkan sebagai hidangan pembuka puasa. “Gula yang berasal dari buah itu lebih sehat, jadi cari buah yang kaya kandungan air seperti melon dan semangka. Gula darah pun naik dan tubuh tetap sehat,” terang Samuel.

Sebelum menyantap makanan utama, ada baiknya menunaikan ibadah salat Magrib terlebih dahulu. Tubuh dijamin tidak akan lemas karena sudah mengonsumsi makanan atau minuman manis yang menyehatkan.

Menurut penuturan dr Samuel, menu buka puasa sederhana wajib mengandung nutrisi lengkap karena tubuh membutuhkan nutrisi usai 14 jam berpuasa. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan yaitu karbohidrat kompleks (nasi hitam & nasi merah), protein (putih telur, daging ayam & ikan) serta buah dan sayur.

“Tubuh lebih membutuhkan karbohidrat kompleks yang kaya serat, gula darah meningkat perlahan dan dimasuki ke sel secara perlahan. Usai solat terawih, boleh dilanjutkan makan buah dan sayur agar kadar gula darah tetap tinggi sebelum tidur malam,” tutup dr Samuel.

Demikian tips memilih menu buka puasa sederhana yang menyehatkan badan sehingga ibadah pun lancar hingga menyambut lebaran tiba.