Bermain game dengan grafik oke tak harus di konsol, PC Desktop ataupun laptop. Sekarang ini pertumbuhan game mobile di smartphone terus meningkat, apalagi dukungan kecanggihan spesifikasi yang membuat developer mampu memperkenalkan game kualitas 3D dan HD.

Sayangnya, tak semua smartphone Android ataupun iOS layak memainkan game terbaru atau edisi HD, bila spesifikasi yang diusung tergolong jadul. Ada sejumlah tips memilih smartphone buat game yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

smartphone buat game
iphone 6 plus, smartphone buat game (doc/aolcdn.com)

Bila ingin memainkan semua jenis game dengan lancar tanpa nge-lag atau ngadat, sebaiknya membeli smartphone yang termasuk kategori high-end, dengan catatan budget bukan halangan utama. Berikut lima smartphone pilihan yang bisa dipertimbangkan.

1. iPhone 6 Plus

Jagoan anyar Apple ini mengusung prosesor A8 yang membuat tampilan grafis game bekerja maksimal dan minim ngadat. Layar ponsel sudah diberi sentuhan teknologi yang mendukung ketajaman gambar sehingga menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih seru dan nyata.

2. Samsung Galaxy Note 4

Produk andalan Samsung yang disertai advanced stylus untuk menulis di perangkat digital ini. Ternyata, ponsel pintar ini cocok dimainkan untuk game Strategy dan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Dengan mengusung kualitas layar Quad HD Super AMOLED, gamer akan dimanjakan dengan tampilan layar tajam dan kualitas warna tertinggi.

3. Sony Xperia Z3

Smartphone anyar buatan Sony ini dibekali layar 5.20 inci yang dipadukan dengan memori RAM 3GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 801. Meski mengandalkan fitur kamera beresolusi 20.7 megapiksel, bermain game di perangkat ini tidak akan membosankan. Bahkan sejumlah review mengatakan, main game di Z3 menawarkan performa setara dengan Sony PlayStation.

4. Google Nexus 6

Mengusung layar 6 inci Quad HD yang memaksimalkan tampilan grafis begitu tajam untuk pengalaman bermain game tak terlupakan. Dengan fitur multitasking built-in, bermain game menjadi lebih menyenangkan sembari memaksimalkan fitur yang ada untuk kegiatan lainnya.

5. OnePlus One

Keunggulan terletak di tempat penyimpanan yang memungkinkan pengguna menyimpan banyak game. Ponsel buatan Tiongkok ini dilengkapi memori RAM 3GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 801. Bermain game HD dijamin lancar jaya dengan grafik halus dan tajam berkat dukungan prosesor 801.