201506160442

Teknoflas.com – Lima pasang atlet ganda putra pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan mengikuti turnamen tingkat grand prix gold Taipei Terbuka 2015.

“Kami akan menurunkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf, dan Rian Agung Saputro/Berry Angriawan,” kata kepala pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi kepada Antara di Cipayung Jakarta, Selasa.

Herry mengatakan lima pasang atlet ganda putra itu akan menghadapi persaingan ketat dari pemain-pemain bulu tangkis unggulan dunia termasuk para pemain yang biasanya mengikuti turnamen tingkat super series premier.

“Karena semua atlet dunia sedang mengejar perolehan poin demi mengikuti Olimpiade 2016 di Brazil. Atlet-atlet tingkat super series premier pun akan turun dalam turnamen grand prix gold seperti di Taipei nanti,” kata Herry.

Herry mengaku tetap menurunkan ganda putra andalan Indonesia Hendra/Ahsan pada turnamen tingkat grand prix gold agar perolehan poin mereka tidak kalah dari atlet-atlet lain seperti atlet Tiongkok, Korea Selatan, ataupun Denmark.

“Misalkan nilai mereka hanya berselisih 10 poin dari atlet lain dan tidak bisa mengikuti Olimpiade 2016 hanya karena itu, kami akan sangat menyayangkannya,” kata Herry.

Atlet-atlet ganda putra, lanjut Herry, menjalani latihan teknik dan latihan beban di ruang kebugaran pelatnas PBSI Cipayung pada Selasa meski telah masuk bulan Ramadan.

“Kami meminta atlet untuk tidak berpuasa saat harus latihan karena daya tahan mereka akan turun. Atlet-atlet sebelumnya pernah kami coba untuk tetap berpuasa meski harus latihan, hasilnya tetap tidak optimal,” kata Harry.

Atlet ganda putra Ricky Karanda Suwardi mengaku hanya berpuasa saat libur latihan yaitu pada Minggu dan Sabtu karena hanya latihan pada pagi hari.

“Saya banyak tidak berpuasa karena harus mengikuti latihan dengan porsi seperti biasanya. Kalau Rabu meski hanya latihan pagi hari saya juga tidak berpuasa karena harus berlatih pertandingan,” kata Ricky.