Pada umumnya perselingkuhan seringkali dilakukan kaum pria, tak heran muncul banyak pertanyaan jika ditemukan kasus seorang wanita tertangkap tangan sedang berselingkuh. Apa alasan wanita selingkuh dari suami? Faktor biologis, ekonomi atau lain-lain?

Menurut laman Boldsky, Rabu (24/6), wanita melakukan perselingkuhan disertai banyak alasan logis, jadi bukan sekedar masalah fisik semata. Konon, seorang wanita berselingkuh karena ingin mengubah pandangan pasangannya agar dianggap lebih berharga.

alasan wanita selingkuh dari suami
cari perhatian, alasan wanita selingkuh dari suami (doc/soc.ucsb.edu)

Walaupun begitu, pria lebih sulit memaafkan wanita yang ketahuan selingkuh daripada sebaliknya. Berikut ini sejumlah alasan logis mengapa wanita memilih berselingkuh dari pasangannya.

1. Mencuri perhatian pasangan

Usai menaklukkan hati seorang wanita, pandangan pria mulai berubah dan seakan berada di zona aman. Hal ini sering dimanfaatkan oleh kaum pria tak bertanggung jawab untuk menggodai wanita lain. Namun ketika seorang wanita berselingkuh, maka pria akan kembali bangkit untuk merebut kembali pasangannya.

2. Ingin dihargai

Alasan wanita selingkuh dari suami karena ingin lebih dihargai. Hal ini berkaitan erat dengan alasan poin 1, yakni mencuri perhatian pasangan. Wanita ingin lebih dihargai keberadaannya saat kerap diabaikan selama membina rumah tangga.

3. Membuat perubahan

Pria yang tidak mau berubah seringkali membuat wanita jengkel hingga akhirnya berselingkuh demi menunggu reaksi perubahan. Hal ini seringkali terjadi, bahkan tergolong sukses mengubah pandangan dan pendirian seorang pria.

4. Sekedar bersenang-senang

Sikap terlalu monoton dan overprotective membuat wanita cepat merasa jenuh. Apabila kondisi ini sudah memuncak, mereka pun tak sedang berpetualang. Itulah salah satu alasan wanita selingkuh dari suami meskipun dilakukan dengan cara yang ‘sehat’ tanpa harus bertatap muka dengan pasangan selingkuhnya.

5. Keadaan impas

Wanita merasa sakit hati ketika mengetahui suaminya selingkuh. Ada yang bisa memaafkan tindakan sang pasangan karena sudah terlanjur sayang, namun ada yang melakukan hal serupa agar impas. Bisa dikatakan bahwa wanita ingin berselingkuh agar bisa balas dendam terhadap tindakan tak terpuji sang suami.

6. Mempererat hubungan

Adapun alasan wanita selingkuh dari suami yaitu mempererat hubungan pernikahan. Benarkah demikian? Dalam beberapa kasus, perselingkuhan bisa membangun hubungan lebih kuat karena pria merasa takut kehilangan.