Menghabiskan waktu puasa di rumah sungguh membosankan. Daripada tidur-tiduran dan bengong nggak jelas, mendingan jalan-jalan ke kota lain untuk menikmati keindahan alam, mencoba wahana permainan ataupun wisata religi.

Apakah memungkinkan pergi wisata di saat puasa? Tentu saja, bahkan tidak akan mengurangi semangat dan bisa terus menahan lapar serta haus hingga waktu berbuka saat azan magrib berkumandang. Berikut ini sejumlah tips wisata saat puasa yang bisa diterapkan ketika pulang kampung jelang lebaran nanti.

tips wisata saat puasa
Sahur bergizi, tips wisata saat puasa (doc/cnnindonesia.com)

1. Sahur bergizi

Supaya jalan-jalan tetap semangat dan bugar, awali hari dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi di saat sahur, kalau perlu tambah dengan asupan multivitamin. Selain mengisi perut dengan nutisi dan gizi penting, jangan lupa berdoa sebelum melangkahkan kaki keluar rumah. Siapkan mental agar sabar menghadapi sejumlah masalah di jalan, terutama menghadapi macet.

2. Persiapan matang

Segala kebutuhan pribadi harus dipersiapkan secara matang sebelum keluar rumah. Jangan lupa bawa alat perlengkapan solat, meski jalan-jalan, ibadah nggak boleh dilewatkan begitu saja. Jangan lupa membawa botol air atau air mineral kemasan untuk berbuka puasa selagi dalam perjalanan, bila memungkinkan, bawa juga cemilan ringan sebagai teman berbuka.

3. Menyusun daftar lokasi

Tips wisata saat puasa yaitu menyusun daftar lokasi wisata yang mau dikunjungi. Langkah ini bertujuan agar segala sesuatu berjalan sesuai jadwal, sehingga semua lokasi bisa didatangi tanpa mengurangi atau menghalangi waktu untuk beribadah. Jangan lupa menuliskan lokasi wisata religi yang wajib dikunjungi seperti melaksanakan solat tarawih di masjid-masjid kebanggaan suatu kota.

4. Manajemen waktu

Tips wisata menyenangkan saat puasa terletak pada manajemen waktu. Ingat, segala sesuatu harus sesuai jadwal agar liburan berjalan lancar tanpa kendala apapun.

5. Ibadah dalam perjalanan

Saat tengah menempuh perjalanan dengan kendaraan umum (bis, kereta atau travel), luangkan waktu untuk mendengarkan ceramah di smartphone atau membaca buku/Al-Qur’an. Jadi, kegiatan ibadah tetap jalan terus meskipun tengah dalam perjalanan menuju lokasi wisata.

6. Istirahat perjalanan

Tips wisata saat puasa bagi yang berpergian dengan motor atau mobil pribadi yaitu meluangkan waktu istirahat saat menempuh perjalanan. Datangi mesjid terdekat untuk sekedar melepas lelah atau melaksanakan solat. Menjelang azan magrib berkumandang, menepilah ke pinggir jalan untuk berbuka puasa tanpa tergesa-gesa.