Meski sedang berpuasa, bukan berarti tidak melakukan kegiatan olahraga sama sekali. Justru olahraga menjadi kegiatan positif selagi menunggu beduk magrib. Selama ini masyarakat kerap salah sangka, mereka beranggapan olahraga tak perlu dilaksanakan selagi berpuasa.

Padahal berolahraga sewaktu menjalankan puasa lebih efektif membakar kalori dan lemak yang tertimbun di dalam tubuh, namun ada yang perlu diperhatikan agar tidak memberi efek samping. Berikut ini tips olahraga waktu puasa tanpa bikin badan lemas.

tips olahraga waktu puasa
Sore hari, tips olahraga waktu puasa

1. Makanan bergizi saat sahur

Pilih makanan yang tepat saat sahur supaya puasa berjalan lancar hingga azan magrib. Pastikan makanan mengandung nutrisi penting yang diperlukan tubuh, jadi tubuh tetap bugar saat melakukan olahraga di sore hari. Disarankan mengawali sahur dengan makanan yang kaya serat dan protein, dua nutrisi tersebut akan memberi energi simpanan di siang dan sore hari.

2. Olahraga sore hari

Sebaiknya olahraga dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka. Mengapa demikian? Umumnya, perut terasa lapar dan haus sesudah berolahraga. Itulah alasan utama mengapa berolahraga menjelang waktu berbuka, sehingga mepet waktu tidak terlalu lama dan tubuh tetap bugar untuk melakukan aktifitas lainnya.

3. Olahraga ringan

Tips olahraga waktu puasa yaitu memilih jenis olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga atau membuat tubuh dehidrasi alias kekurangan cairan. Lakukan olahraga yang fokus pada pelatihan otot supaya tenaga tidak banyak terkuras, bisa juga jalan-jalan atau lari-lari kecil. Jika menggemari olahraga angkat beban, sebaiknya mengurangi beban angkat karena semakin berat beban maka energi dan cairan tubuh terkuras dengan cepat. Bijaklah dalam memilih jenis olahraga ringan.

4. Tempat olahraga

Ada baiknya melakukan kegiatan olahraga di tempat yang berudara sejuk sehingga efek lemas dan lelah tidak akan menempel di benak. Berolahraga di tempat sejuk bantu menenangkan pikiran sehingga lebih fokus membakar lemak dan kalori.

5. Durasi waktu

Tips olahraga waktu puasa yaitu memperhatikan durasi menit. Jangan biarkan tubuh berolahraga dengan durasi waktu lebih dari 60 menit, banyak energi yang akan terkuras dan membuat tubuh lebih cepat lelah. Sebaiknya luangkan waktu berolahraga selama 30-45 menit. Pasang timer atau remainder agar tidak kelupaan mengatur waktu saat sedang asyik berolahraga.