Tubuh kehilangan banyak cairan atau dehidrasi saat melaksanakan puasa. Seharusnya tubuh memperoleh asupan cairan sebanyak 8-10 gelas per hari, namun usai berbuka puasa, tentu akan sulit memenuhi kebutuhan tersebut dalam waktu singkat. Oleh karena itu, disarankan berbuka puasa dengan buah yang kaya kandungan air.

Menurut laman theecomuslim.com, ada sembilan buah segar untuk berbuka puasa yang mengandung banyak air, memberi energi dan menjaga tubuh terhidrasi.

buah segar untuk berbuka puasa
Nanas dan stroberi, buah segar untuk berbuka puasa

1. Semangka

Mengandung banyak air dan gula alami disertai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti potassium, sodium, kalsium dan magnesium. Semangka lebih efektif menhidrasikan tubuh daripada minum air.

2. Jeruk orange

Selain manis, buah ini mengandung banyak vitamin C dan air. Menyantap jeruk orange di saat berbuka puasa akan memberi energi tambahan untuk beraktifitas.

3. Buah berri

Stroberi kaya kandungan air dan antioksidan, begitu juga dengan jenis buah berri lainnya seperti rasberi dan bluberi. Vitamin C yang terkandung di dalamnya bantu mengatur gula darah.

4. Anggur

Buah segar untuk berbuka puasa yang kaya kandungan Resveratrol, senyawa antioksidan yang sangat bagus untuk jantung. Silahkan makan anggur setiap kali berbuka puasa, entah itu anggur hijau, hitam, merah ataupun ungu.

5. Jeruk bali

Selain kaya kandungan air, ternyata jeruk bali mengandung 30 kalori dan senyawa yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker tumor. Buka puasa dengan jeruk bali bisa dijadikan alternatif selain jeruk orange.

6. Kelapa muda

Daging dan air kelapa muda rendah kandungan karbohidrat serta sodium yang sangat baik untuk tubuh. Rasanya dijamin bikin tubuh kembali segar untuk melakukan beragam aktifitas ibadah, mulai dari solat magrib hingga tarawih.

7. Belewa

Selain kaya kandungan air, buah segar untuk berbuka puasa ini siap memberi energi tambahan dan menyeimbangkan gula darah.

8. Nanas

Berbuka puasa dengan nanas dijamin bikin tubuh kembali segar. Selain enak di lidah, nanas ternyata mengandung senyawa anti-peradangan yang sangat baik untuk tubuh.

9. Mangga

Buah segar untuk berbuka puasa yang mengandung banyak serat dan vitamin (A, B6 & C). Mangga manis rendah kalori dan memberi suntikan energi dahsyat untuk tubuh.