Berdiam diri di rumah saat bulan ramadhan tentu membosankan. Luangkan waktu kosong di akhir pekan untuk berwisata ke tempat seru dan menarik. Ada sejumlah tujuan wisata saat bulan puasa yang dapat membantu anda melewati waktu dengan cara positif tanpa mengurangi makna ibadah. Apakah itu?

tujuan wisata saat bulan puasa
Mesjid Agung Demak, tujuan wisata saat bulan puasa

1. Bangunan mesjid

Setiap kota memiliki mesjid kebanggaan dengan cerita sejarah di baliknya. Indonesia sendiri terdapat banyak bangunan mesjid yang menyimpan sejarah panjang, bahkan ada yang sudah berdiri ratusan tahun silam. Mengunjungi mesjid-mesjid bersejarah tak hanya menambah pengetahuan, tetapi menawarkan pengalaman istimewa yang jarang dijumpai sebelumnya, apalagi jika ikut berbuka puasa dan melaksanakan ibadah solat terawih di sana.

2. Wisata kuliner

Indonesia punya banyak tempat atau lokasi wisata kuliner yang justru ramai di saat bulan ramadhan. Di sana penjual menjajakan beraneka macam makanan dan minuman yang mungkin jarang ditemui di kota lain. Mengunjungi wisata kuliner tentu tidak akan mengurangi ibadah puasa asalkan datang jelang waktu berbuka. Setiap kota menyimpan cerita tersendiri mengenai pelaksanaan wisata kuliner di bulan ramadhan, tentu akan menghadirkan pengalaman baru tak terlupakan.

3. Belanja lebaran

Tujuan wisata saat bulan puasa yang paling populer adalah tempat oleh-oleh ataupun tempat belanja. Setiap kota punya oleh-oleh khas yang jarang atau tidak ditemui di kota lain, begitu pula dengan tempat belanja yang menawarkan barang dagangan unik entah itu busana, suvenir hingga kerajinan tangan. Selain berbelanja untuk keperluan lebaran, bisa juga membelikan buah tangan untuk dibawa pulang mudik ke kampung halaman. Jika tak bawa banyak uang, cuci mata di tempat belanja/oleh-oleh juga cocok untuk menghabiskan waktu luang jelang berbuka.

4. Museum atau wisata pendidikan

Tempat tujuan wisata saat bulan puasa yang dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan yaitu mengunjungi museum ataupun lokasi wisata pendidikan seperti taman buah dan sejenisnya. Di bulan ramadhan, anak-anak biasanya mendapat libur panjang, mungkin anda bisa mengajak mereka supaya tidak bosan di rumah.

Apabila anda berniat untuk pergi wisata di bulan ramadhan, jangan lupa membaca tips wisata saat puasa supaya liburan tetap seru dan menyenangkan.