Berolahraga di bulan ramadhan boleh saja dilakukan asal tidak berlebihan. Seperti diketahui, puasa menyebabkan tubuh kehilangan cairan, sementara aktifitas olahraga di saat berpuasa tak boleh meminum segelas air pun. Agar tidak jatuh sakit dan berdampak buruk bagi kesehatan, disarankan memilih jenis olahraga ringan saat puasa. Apa saja?

Jogging

Coba jogging di sore hari sambil keliling kompleks perumahan atau taman. Apabila menginginkan suasana santai, boleh saja jogging dengan treadmill yang ada di pusat kebugaran. Tak perlu jogging hingga lebih dari sejam, durasi selama 20-30 menit dirasa sudah pantas untuk menjaga kebugaran tubuh.

Bersepeda

Boleh saja memakai sepeda statis di pusat kebugaran ataupun sepeda dinamis mengelilingi taman dan kompleks perumahan. Durasi ideal untuk bersepeda yaitu 45 menit, sanggup membakar 350 kalori untuk pria dan 300 kalori untuk wanita. Lakukan olahraga ini di sore hari, terutama sejam sebelum berbuka.

Renang

Ini termasuk jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa membakar kalori dengan baik. Coba luangkan waktu 30 menit untuk berenang karena sanggup membakar 420 kalori untuk pria dan 360 kalori untuk wanita. Meskipun demikian, pastikan air tidak masuk ke dalam mulut ketika sedang berenang.

Jalan Cepat

Bila jogging dianggap terlalu melelahkan, coba ganti dengan jalan cepat sebagai alternatif. Lakukan di sore hari selama 30 menit, entah di atas treadmill ataupun berkeliling kompleks perumahan dan taman.

Yoga

Jenis olahraga ringan yang tak hanya baik untuk tubuh, namun menenangkan pikiran. Yoga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, bahkan dianggap olahraga terbaik saat menjalankan ibadah puasa. Yoga lebih fokus pada teknik pernapasan sehingga begitu nyaman dilakukan.

Naik turun tangga

Salah satu jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa dilakukan pegawai kantoran sebelum pulang kerja. Naik turun tangga selama 10 menit sanggup membakar 178 kalori. Meskipun menyenangkan, lakukan aktifitas ini secara normal dan tidak berlebihan.

Angkat beban

Ini termasuk olahraga ringan yang boleh dilakukan saat puasa dengan catatan, beban angkat tidak terlalu berlebihan. Pilih beban yang sesuai dengan kekuatan dan jangan terlalu memaksakan kehendak mengangkat beban berat.

Olahraga permainan

Pilih jenis olahraga ringan saat puasa yang condong pada bentuk permainan seperti bulutangkis, tenis, bowling, basket ataupun futsal. Lakukan di sore hari, setidaknya sejam sebelum waktu berbuka.

Itulah beberapa jenis olahraga ringan yang boleh dilakukan saat puasa. Agar lebih efektif, coba baca tips olahraga waktu puasa. Ingat, jangan terlalu memaksakan diri atau berlebihan yang justru berpotensi menghadirkan efek samping.