Puasa di bulan Ramadhan menjadi momen tepat untuk menurunkan berat badan. Meskipun suasana mendukung, masih banyak orang yang justru mengalami kenaikan berat badan di saat puasa. Hal itu terjadi karena buruknya pola makan yang tidak terkendali dan rendahnya kesadaran gaya hidup sehat, padahal cara menurunkan berat badan saat puasa sangat mudah.

Puasa itu tidak sekedar beribadah, tetapi menyehatkan badan bahkan ada sejumlah penyakit yang sembuh dengan puasa dan salah satunya adalah obesitas atau kegemukan. Yuk cari tahu lebih lanjut.

cara menurunkan berat badan saat puasa
Pola makan, cara menurunkan berat badan saat puasa

1. Hindari gula berlebih

Makanan manis kaya kandungan gula menjadi hidangan yang paling disukai saat berbuka puasa. Tak salah mengkonsumsi makanan manis di saat berbuka, namun berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai gantinya, makan saja 3-5 buah kurma atau menyantap 1-2 buah segar. Kedua jenis hidangan ini mengandung gula alami yang lebih menyehatkan daripada gula buatan.

2. Penuhi asupan serat

Jangan asal pilih makanan, pastikan kadar seratnya cukup memenuhi kebutuhan tubuh. Disarankan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah, roti gandum dan oat. Semua makanan itu cocok disantap saat berbuka dan sahur, perut dijamin kenyang lebih lama sekaligus menyehatkan saluran pencernaan dan jantung.

3. Katakan tidak pada gorengan

Berbuka puasa dengan gorengan dan makanan berminyak? Itu tidak disarankan meski rasanya renyah dan gurih di lidah. Mengkonsumsi makanan ini justru membahayakan kesehatan, kolesterol bisa naik seketika bila tidak terkontrol dengan baik.

4. Hindari makanan berat

Cara menurunkan berat badan saat puasa yaitu tidak mengkonsumsi makanan berat saat berbuka. Lebih baik diawali dengan minum 2 gelas air putih, kurma dan buah-buahan. Makanan berat boleh disantap usai melaksanakan ibadah solat tarawih, namun jumlahnya harus dibatasi.

5. Sahur lebih banyak daripada buka

Disarankan lebih banyak makan sahur daripada saat berbuka. Mengkonsumsi kurma dan buah-buahan saat berbuka itu sudah lebih dari cukup. Langkah ini bertujuan mencegah pelonjakan gula darah dan penumpukan lemak secara tiba-tiba saat berbuka.

6. Banyak minum air

Minum dua gelas air putih saat berbuka sangat penting untuk menghilangkan beragam racun dari dalam tubuh. Walaupun puasa, pastikan tubuh mendapat asupan cairan 8 gelas setiap hari. Ini termasuk cara menurunkan berat badan saat puasa karena membuat perut lebih cepat kenyang. Minum dua gelas saat berbuka, diikuti 4 gelas sebelum tidur hingga 2 gelas saat sahur.

7. Aktifitas olahraga

Melakukan aktifitas olahraga termasuk cara menurunkan berat badan saat puasa karena pembakaran kalori dan lemak lebih efektif. Meskipun demikian, disarankan berolahraga satu jam sebelum berbuka supaya badan tidak lemas karena energi terkuras dan dehidrasi. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja.