Umat Islam wajib menjaga kebersihan tubuh agar bisa melaksanakan ibadah. Meskipun demikian, masih ada sejumlah masalah yang sering disalahartikan oleh segelintir orang terutama berkaitan dengan membersihkan lubang telinga saat sedang berpuasa. Adakah hukum membersihkan telinga saat puasa? Apakah ada dalilnya?

Selama ini banyak yang mengira membersihkan lubang telinga dengan cotton bud atau pembersih khusus termasuk hal yang membatalkan puasa ataupun mengurangi makna ibadah. Padahal pernyataan tersebut tidak ada satupun yang benar.

hukum membersihkan telinga saat puasa
Pernyataan hukum membersihkan telinga saat puasa.

Mengutip laman konsultasisyariah.com, setiap perbuatan yang bisa membatalkan puasa harus diikuti dengan sebuah dalil yang menegaskan hal tersebut. Jadi, tak boleh menganggap suatu perbuatan dapat membatalkan puasa tanpa ada dalil yang kuat.

Hukum membersihkan telinga saat puasa tidak memiliki dalil apapun, sehingga aktifitas ini bebas dilakukan kapan saja dan tidak akan membatalkan ibadah puasa ataupun mengurangi makna ibadah.

Sebagian umat Islam seringkali terkecoh dengan kabar yang menyebutkan bahwa membersihkan lubang telinga memakai cotton bud di siang hari akan mengurangi ibadah dan membatalkan puasa. Tentu saja, kabar itu tidak benar karena tidak memiliki dalil kuat.

Apabila kita meyakini ‘kabar tak benar’ tersebut dan menyebarkan ke orang lain, hukumnya terlarang karena sudah berbicara atas nama Allah SWT tanpa diikuti ilmu yang mendukung. Hal itu tertuang dalam firman Allah di Surat Al-Isra’ ayat 36 yang berbunyi: “Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak memiliki ilmunya. Sesungguhnya pendengaran, pengihatan, dan hati, semua itu akan dipertanggung-jawabkan.”

Perihal hukum membersihkan telinga saat puasa, belum ada satupun dalil yang mengatakan bahwa tindakan itu membatalkan puasa, entah itu dalil umum ataupun dalil khusus.

Membersihkan lubang telinga dengan cotton bud tidak seperti aktifitas lain yang membatalkan puasa layaknya makan, minum ataupun hubungan intim. Jadi, tak perlu ragu untuk membersihkan lubang telinga di siang hari meskipun tengah menuaikan ibadah puasa.

Oleh karena itu, jika mendengar kabar seperti ini, jangan langsung menyebarkan ke orang lain tanpa adanya dalil atau ilmu yang mendukung. Hukum membersihkan telinga saat puasa tidak ada sama sekali, jadi silahkan saja dilakukan.