Peristiwa pesawat Hercules yang jatuh di Medan pada Selasa siang 30 Juni 2015 mengejutkan masyarakat yang tinggal berdekatan dengan lokasi kejadian. Seperti diketahui, pesawat angkut Hercules C-130 milik TNI AU jatuh di Jalan Jamin Ginting KM 10 usai lepas landas selama dua menit dari Lanud Suwondo. Bagaimana detik-detik pesawat Hercules jatuh menghantam permukiman penduduk?

Sejumlah saksi mata di sekitar lokasi kejadian menceritakan proses lengkap jatuhnya pesawat yang membawa 12 kru dan 101 penumpang tersebut, bahkan ada yang merekam peristiwa naas itu ke dalam sebuah video. Dalam sejarah pesawat Hercules di Indonesia, peristiwa ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Uniknya sepuluh tahun silam, lokasi Jalan Jamin Ginting juga menjadi lokasi jatuhnya Mandala Airlines pada 5 September 2005.

detik-detik pesawat hercules jatuh
Inilah detik-detik pesawat hercules jatuh di Medan menurut saksi (doc/liputan6.com)

“Waktu itu saya lagi nonton TV, lalu terdengar suara pesawat di atas rumah. Saya kira itu bawa bantuan logistik untuk korban Sinabung. Tiba-tiba listrik mati, TV pun mati. Gak lama kemudian terdengar suara ledakan trafo listrik. Saya dan anak penasaran lalu pergi lihat ke luar,” cerita Ina Purba.

Jarak lokasi kejadian dan rumah milik Ina hanya sekitar 1 kilometer. Ketika sampai ke lokasi, ternyata sudah banyak orang berdatangan. “Waktu itu api sudah tidak ada lagi, tapi masih ada asap tebal. Para polisi kasih peringatan ke warga agar jangan dekat-dekat.”

Saksi detik-detik pesawat Hercules jatuh juga disampaikan oleh Adhe Putri Laviningsih. Wanita berusia 22 tahun itu mengaku berada di rumahnya yang berjarak 3-5 kilometer dari lokasi kejadian.

“Waktu itu saya nggak dengar apa-apa. Saya baru ke lokasi usai kejadian, ternyata akses jalan sudah ditutup. Orang-orang yang penasaran harus berjalan kaki ke sana. Saya lihat satu ruko dan tiga rumah hancur,” ungkapnya.

Menurut keterangan saksi dari wartawan lokal bernama Alexander Firdaust Meliala, di lokasi kejadian ada sebuah tempat spa yang lokasi bangunannya rusak parah. Ia menduga banyak karyawan yang menjadi korban di sana.

Saksi mata lain yang melihat detik-detik pesawat Hercules jatuh mengaku pesawat naas itu sempat menabrak sebuah tower sebelum menghantam pemukiman warga. Peristiwa pesawat Hercules jatuh di Medan diyakini merenggut ratusan korban jiwa, baik penumpang, kru dan masyarakat yang ada di lokasi kejadian.