Kapan sih tanggal rilis iPhone 6S? Sebuah pertanyaan sederhana yang muncul dibenak penggemar setia smartphone canggih besutan Apple tersebut. Harus diakui bila iPhone merupakan ponsel pintar dengan popularitas dan komunitas fanbase yang tersebar di sejumlah negara.

Dilansir dari situs Mirror, produk ini siap dirilis secara global pada Oktober 2015. Pernyataan tersebut diperkuat ucapan Ming-Chi Kuo, seorang analis teknologi dari KGI Securities yang turut membocorkan spesifikasi iPhone 6S.

tanggal rilis iphone 6s
Kapan tanggal rilis iphone 6s? (doc/forbes.com)

Dibandingkan generasi sebelumnya, iPhone 6S mengusung spesifikasi layar yang lebih canggih, kuat dan lebar. Ukuran layar 5,5 inci dipadukan teknologi IPS, lampu latar LED dan Multi-Touch. Selain itu, smartphone juga disuntikkan Retina HD beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi.

Kekuatan layar semakin handal karena mengusung teknologi hardware yang memakai komponen dan material berkualitas jempolan. Hal ini sekaligus menjawab isu seputar layar iPhone 6 milik sejumlah pengguna yang dikabarkan bengkok atau melengkung saat diletakkan di saku celana dan aktif bergerak, baik itu duduk, berjalan maupun berlari.

spesifikasi iphone 6s
Apa saja spesifikasi iphone 6s? (doc/forbes.com)

Pihak Apple masih belum membeberkan secara blak-blakan spesifikasi di sektor dapur pacu, tetapi via laman situs resmi tertulis memakai chip A8 + arsitektur 64 bit dan koprosesor gerakan M8. Sementara itu jenis prosesor yang dipakai tak jauh berbeda dari milik iPhone 6, yakni A9.

Bagi konsumen yang hobi jeprat-jepret memakai ponsel pintar, Apple telah menambah kekuatan amunisi di sektor kamera. Bila iPhone 6 mengusung kemampuan resolusi 8MP, maka iPhone 6S mengalami peningkatan hingga 12MP. Kualitas suara turut menjadi perhatian utama, yakni disertakan satu mikrofon di dekat speaker untuk suara lebih tajam dan jernih.

harga iphone 6s
berapa harga iphone 6s? (doc/techcrunch.com)

Tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, penetapan harga iPhone 6S berdasarkan besarnya kapasitas penyimpanan internal. Situs online Mirror menyebutkan ponsel dengan memori internal 64GB dibanderol seharga 619 poundsterling atau sekitar Rp 13 juta. Sedangkan ponsel dengan memori internal 128GB dibanderol seharga 699 poundsterling atau sekitar Rp 14,7 juta.

Konsumen bebas menentukan pilihan sesuai kapasitas dan kebutuhan penyimpanan. Supaya nggak kehabisan, jangan lupa catat tanggal rilis iPhone 6S dan siapkan budget.