Chile dan Argentina sukses mengalahkan semua lawannya hingga lolos ke babak final Copa America 2015. Chile menyingkirkan Peru dengan skor tipis 2-1, sementara Argentina membantai Paraguay 6-1. Dalam laga final nanti, ada enam pemain yang diprediksi memegang peranan penting. Siapakah mereka?

Chile vs Argentina, Final Copa America 2015.
Chile vs Argentina, Final Copa America 2015.

Chile

1. Eduardo Vargas

Sosok kunci pembawa kemenangan bagi Chile yang memborong dua gol ke gawang Peru. Vargas merupakan top skor sementara Copa America 2015 dengan catatan empat gol. Bek Argentina harus mengawalnya dengan ketat bila tak ingin kebobolan. Pada pertandingan melawan Peru, Vargas melesakkan sebuah gol indah dari luar kotak penalti.

2. Jorge Valdivia

Namanya kalah beken dari Alexis Sanchez ataupun Arturo Vidal, namun sosoknya di lapangan tengah tak tergantikan. Ia berperan sebagai penyeimbang permainan dan memberi aliran bola secara merata untuk membangun serangan. Andaikan saja ia dianugerahi insting gol tinggi, popularitasnya sudah sebeken vidal.

3. Arturo Vidal

Dia diplot sebagai salah satu gelandang terbaik dunia dan perannya di timnas Chile sulit digambarkan dengan kata-kata. Walaupun sempat menghadirkan kontroversi di awal-awal turnamen, Vidal tetap menampilkan permainan terbaik yang membuat negaranya diunggulkan sebagai juara.

Argentina

1. Lionel Messi

Walaupun di ajang ini Messi terhitung irit gol, tetapi daya jelajah di lini depan Argentina tak perlu diragukan lagi. Dalam pertandingan kontra Paraguay, dia sukses membukukan tiga assist dan mendapat predikat Man of the Match.

2. Angel di Maria

Dia memang kerap dicadangkan di Manchester United, namun itu tak membuat skill sepakbolanya menurun. Dua gol ke gawang Paraguay menjadi bukti kehebatan, plus sebuah umpan cantik untuk Sergio Aguero.

3. Javier Pastore

Tak ada yang menyangka Javier Pastore tampil apik di laga versus Paraguay. Sejak awal turnamen ia memang jarang tampil sejak menit pertama dan tak selalu menunjukkan performa memuaskan. Namun pemain PSG ini justru tampil garang dan mencetak gol indah hasil kerjasama dengan sang kapten, Messi.

Jadwal final Copa America 2015 yang mempertemukan Chile vs Argentina akan berlangsung pada Minggu 5 Juli 2015 pukul 2 dini hari dan disiarkan live oleh Kompas TV selaku ofisial TV partner.