Argentina sukses melaju ke final Copa America 2015 usai menghantam Paraguay dengan skor telak 6-1. Messi dkk bakal menghadapi tim tuan rumah Chile yang rencananya bakal digelar di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago, pada Minggu dini hari 5 Juli 2015.

Meski sempat tampil meragukan di awal turnamen, Argentina sukses mempertontonkan kelasnya saat melawan Paraguay di semifinal. Meskipun demikian, mampukah tim besutan Gerardo Martino itu mempertahankan performa dan mengalahkan Chile? Berikut ini enam faktor yang membuat Argentina layak diperhitungkan sebagai juara.

6 Faktor Argentina layak juarai Copa America 2015.
6 Faktor Argentina layak juarai Copa America 2015.

1. Kehadiran Messi

Peran Messi di lini depan Argentina memang tak tergantikan. Kali ini dia menjalankan peran yang sedikit berbeda, bukan sebagai ‘target man’ seperti di Barcelona. Dia sudah tampil sebagai lima kali sepanjang turnamen dan hanya mencetak sebiji gol, itu pun lewat titik penalti. Performa apik di atas lapangan membuat Messi diberi penghargaan Man of the Match sebanyak 4 kali.

2. Kaya penyerang

Walaupun produktivitas Messi menurun, lini depan Argentina tetap menakutkan. Mereka masih memiliki penyerang kelas dunia dengan insting gol tinggi seperti Sergio Aguero (3 gol), Gonzalo Higuain (2 gol) dan Angel di Maria (2).

3. Formasi pakem

Pelatih Argentina, Gerardo “Tata” Martino, selalu konsisten dalam menetapkan formasi kegemarannya 4-3-3. Jika tak ada kendala, eks pelatih Barcelona itu akan menurunkan susunan pemain: Sergio Romero; Marcos Rojo, Nicolas Otamendi, Ezequiel Garay, Pablo Zabaleta; Javier Mascherano, Javier Pastore, Lucas Biglia; Lionel Messi, Sergio Aguero, Angel di Maria.

4. Mental tangguh

Sebagian besar skuat Argentina yang tampil di Copa America 2015 merupakan finalis Piala Dunia 2014. Mental pemain lebih terasah, apalagi di level klub masing-masing berhasil memberi dampak positif terkecuali Angel Di Maria yang duduk di bangku cadangan.

5. Rekor positif

Argentina memegang rekor positif selama menghadapi Chile. Akan tetapi, dukungan publik tuan rumah dipastikan sedikit mempersulit para pemain Argentina. Tekanan yang begitu kuat bukan menjadi penghalang kesuksesan untuk kembali meraih gelar internasional.

6. Euforia semifinal

Pemain Argentina sedang berada di atas awan usai menghantam Paraguay dengan skor telak 6-1. Hasil pertandingan itu seolah mengatakan bahwa Messi dkk tengah dalam kondisi puncak dan kerjasama tim semakin membaik.

Jadwal final Copa America 2015 yang mempertemukan antara Chile vs Argentina berlangsung pada Minggu 5 Juli pukul 02.00 di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago. Duel sengit kedua tim bakal disiarkan langsung secara live oleh Kompas TV.