Tak lama lagi laga final Copa America 2015 bakal digelar, siapakah yang bakal keluar sebagai juara? Prediksi Chile vs Argentina di sejumlah media online ternama ada yang menjagokan Chile, sebagian justru mengunggulkan Argentina yang dipimpin Lionel Messi.

Laga pamungkas di negara-negara Amerika Selatan ini akan digelar pada Minggu (5/7/2015) dini hari WIB di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos. Momen ini sangat dinantikan oleh pemain Chile beserta pendukung setianya yang berharap meraih gelar Copa Amerika pertama.

prediksi chile vs argentina
Inikah prediksi Chile vs Argentina? (doc/taringa.net)

Bertindak sebagai tuan rumah, Chile memang diunggulkan keluar sebagai juara. Sejauh ini mereka melenggang mulus ke semifinal dengan catatan gemilang, termasuk menyingkirkan Peru dengan skor tipis 2-1 di babak semifinal. Sementara Argentina sukses mencukur Paraguay dengan skor telak 6-1.

Kesuksesan melenggang ke final disambut baik oleh pelatih Chile, Jorge Sampaoli. “Lolos ke final bagaikan mimpi jadi kenyataan,” ucapnya dilansir Teknoflas dari CNN (2/7/2015).

Sejak turnamen Copa America digelar pada 1916 silam, Chile belum pernah menjuarainya. Sementara Argentina berada di tempat kedua sebagai negara yang paling banyak memenangi gelar Copa America di bawah Uruguay.

Maka tak heran sejumlah prediksi Chile vs Argentina justru menjagokan tim tuan rumah. “Dari semua laga di turnamen ini, Argentina adalah yang terberat. Kami harus tampil seperti laga-laga sebelumnya agar lebih bersaing di partai puncak,” ungkap Sampaoli.

Meraih kemenangan atas Argentina akan menjadi misi yang sulit sekaligus menantang, demikian penuturan kiper sekaligus kapten timnas Chile, Claudio Bravo. Menurutnya, Argentina bukan hanya Messi, ada sejumlah pemain kelas dunia yang harus diwaspadai.

“Laga nanti bakalan sulit. Semua orang tahu kualitas yang dimiliki Messi, tetapi Argentina punya banyak bintang dan pemain kelas dunia. Kami harus mengendalikan mereka,” ucap Bravo kepada pers.

Prediksi Chile vs Argentina juga mengarah pada kemenangan pasukan Gerardo Martino tersebut. Tim tak hanya mengandalkan Messi untuk menjebol gawang lawan, namun sejumlah pemain berkualitas di lini depan dan tengah.

Chile memang belum pernah menjuarai ajang Copa America, namun mereka sudah empat kali menyandang gelar runner up. Tentu saja mereka enggan menambah gelar runner up untuk kelima kalinya. Status sebagai tuan rumah akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sedangkan Argentina memandang turnamen ini sebagai kado pelampiasan usai gagal menjuarai Piala Dunia 2014. Walaupun tekanan tuan rumah bakal sedikit menyulitkan, Messi dkk tentu tak mau gagal di final untuk kedua kalinya.

Persentase prediksi Chile vs Argentina ada yang 55:45, namun ada pula 45:55. Jadwal final Copa America 2015 bakal berlangsung Minggu 5 Juli 2015 pukul 02.00 WIB live di Kompas TV.