Final Copa America 2015 akhirnya mempertemukan tim tuan rumah Chile vs Argentina. Kedua tim sama-sama dihuni pemain kelas dunia meskipun popularitas pemain Argentina jauh di atas Chile.

Meskipun demikian, pertandingan yang akan berlangsung di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos pada Minggu (5/7/2015) dini hari WIB dijamin bakal berlangsung seru. Sejumlah prediksi Chile vs Argentina mulai bertebaran di dunia maya, entah itu kemenangan untuk Vidal dkk ataupun Messi dkk.

fakta chile vs argentina
9 fakta chile vs argentina

Menjelang laga final Copa America 2015 antara Chile vs Argentina, ada sembilan fakta unik yang harus anda ketahui, yakni:

1. Pertandingan final Copa America 2015 menjadi pertemuan pertama bagi Chile dan Argentina di laga puncak sepanjang turnamen bergengsi ini digelar sejak 1916.

2. Inilah ketiga kalinya bagi Chile tampil di laga final Copa America. Sebelumnya mereka menyandang gelar runner up usai kalah dari Paraguay (1979) dan Uruguay (1987).

3. Sejak penerapan format baru di tahun 1993, laga nanti menjadi penampilan ke-4 Argentina di final. Sebelumnya mereka tampil sebagai juara di tahun 1993 usai mengalahkan Meksiko, namun gagal meraih gelar saat dua kali kalah atas Brazil di tahun 2004 (adu penalti) dan 2007.

4. Sepanjang laga Copa America berlangsung, Chile tidak pernah mengalahkan Argentina. Lima laga berakhir seri, sedangkan Argentina menang 19 kali.

5. Salah satu kemenangan Argentina atas Chile diraih dengan kejadian unik. Di pertemuan tahun 1942, Argentina dinyatakan sebagai pemenang usai pertandingan dihentikan pada menit ke-41.

6. Chile menelan kekalahan sebanyak 9 dari 10 laga terakhir melawan Argentina di Copa America, bahkan dalam enam pertandingan terakhir tak mampu melesakkan gol ke gawang Argentina.

7. Sebaliknya Argentina telah mencetak 12 gol dalam 13 pertemuan terakhir kontra Chile di Copa America.

8. Chile hanya mencetak 12 gol dalam 24 pertemuan kontra Argentina di Copa America.

9. Kedua tim sudah bertemu tujuh kali di kandang Chile, Argentina sudah tiga kali meraih kemenangan dan 4 kali berakhir imbang.

Itulah sembilan fakta unik jelang laga Chile vs Argentina di final Copa America 2015. Siapakah yang pantas menyandang gelar juara? Akankah Chile keluar sebagai juara baru?