003132000_1432024011-Xiaomi-Mi4i

Teknoflas.com – Xioami akhirnya secara resmi mengungkapkan jumlah smartphone yang terjual selama semester pertama 2015. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu berhasil menjual sebanyak 34,7 juta unit.

Pencapaian semester pertama itu diungkapkan melalui akun Twitter Xiaomi, @xiaomi. “Kami menjual 34,7 jutasmartphone pada semester pertama 2015, naik 33 persen year-on-year. Terima kasih banyak kepada Mi fans,” tulis Xiaomi

Kendati pertumbuhan penjualan Xiaomi dinilai cukup impresif, muncul kekhawatiran mengenai rencana ekspansi perusahaan. Pasalnya penjualan tersebut cukup jauh dari target perusahaan pada 2015.

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, memperkirakan pengapalan smartphone Xiaomi bisa mencapai 100 juta unit pada tahun ini.

Selain itu, Xiaomi juga masih di belakang rival utamanya Apple. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu menjual 61,2 juta iPhone pada tiga bulan pertama 2015.

Namun sejauh ini performa Xiaomi di pasar smartphone tidak bisa dipandang sebelah mata. Xiaomi selama lima tahun terakhir berhasil menjadi pemain besar di pasar smartphone Tiongkok. Pada Desember 2014, Wall Street Journalmelaporkan bahwa Xiaomi menjadistartup teknologi paling bernilai di dunia.

Xiaomi juga berhasil melebarkan sayapnya ke berbagai pasar baru sebelum 2015. Di luar negara asalnya, produk-produk Xiaomi telah dipasarkan di India, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina dan Brasil.