Rencana kehadiran iPhone 6S terus membuat penggemar setia produk Apple diselimuti rasa penasaran, bahkan baru-baru ini beredar foto penampakan Jeroan perangkat smartphone canggih tersebut.

Dalam foto yang nampak komponen berupa logic board itu, diketahui bahwa iPhone 6S akan punya kecepatan unduh yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.

harga iphone 6s
berapa harga iphone 6s? (doc/techcrunch.com)

Penampakan logic board tersebar luas via laman 9to5 Mac pada Rabu (1/7), hal ini sekaligus mengatakan bahwa spesifikasi iPhone 6S nanti akan memakai chip Qualcomm MDM9635M, atau lebih familiar sebagai platform modem 9X35 Gobi.

Usut punya usut, modem itu lebih anyar dibandingkan chip modem pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang sudah meluncur di pasaran yakni chip 9X25.

Berdasarkan penuturan laman 9to5 Mac, seperti dikutip Teknoflas, chip modem 9X35 Gobi mampu menghasilkan kecepatan unduh 2x lipat koneksi 4G LTE, atau setara dengan kecepatan 300 Mbps. Kencang, kan?

Bila iPhone yang beredar saat ini masuk Category 4, maka kecepatan seluler yang ditawarkan iPhone 6 termasuk Category 6.

“Penetapan Category 6 memungkinkan pengguna ponsel merasakan kecepatan unduh super cepat (tinggi) dan aplikasi jauh lebih responsif berkat waktu respon jaringan yang jauh lebih rendah,” demikian penuturan Qualcomm.

Seperti diketahui, Chip 9X35 dirancang via proses produksi 20 nm, artinya jauh lebih rapat dibandingkan proses produksi chip yang dirancang Qualcomm untuk generasi iPhone lawas, yakni 28 nm.

Dengan penerapan proses produksi 20 nm, chip anyar tersebut diharapkan lebih dingin atau tidak menghasilkan panas tinggi dan lebih hemat daya baterai.

Mengusung teknologi chip yang jauh lebih anyar dan menawarkan keunggulan hebat, maka tak heran harga iPhone 6S dibanderol selangit. Bagi pengguna yang menginginkan iPhone 6S dengan memori internal 64GB harus merogoh kocek 619 poundsterling atau sekitar Rp 13 juta, sedangkan 128GB dihargai 699 poundsterling atau sekitar Rp 14,7 juta.

Selain peningkatan Chip, Apple juga memastikan sektor kamera mengalami upgrade. Bila iPhone 6 mengusung 8MP, maka versi anyar mengusung 12MP untuk kamera utama. Pembaruan ini membuat aktifitas selfie dan fotografi jauh lebih mengasyikkan.