Lokasi Gunung Raung di kabupaten Bondowoso saat ini tengah diteror aktivitas vulkanis yang membuat pihak pemerintah terkait dan warga sekitar harus waspada terhadap segala kemungkinan yang bakal terjadi nanti.

Raung merupakan sebuah gunung berapi aktif di provinsi Jawa Timur, tepatnya kabupaten Bondowoso yang mencakup dua wilayah kabupaten lainnya yakni Jember dan Banyuwangi.

lokasi gunung raung
Dimana lokasi gunung raung? (doc/infopendaki.com)

Gunung ini memiliki ketinggian 3.332 meter yang diliputi dengan sejumlah kawasan hutan seperti Ericaceous, Montane, Dipterokarp Atas dan Dipterokarp Bukit. Di antara kawasan pegunungan Ijen, puncak tertinggi justru dimiliki oleh gunung Raung.

Dalam beberapa hari terakhir, lokasi Gunung Raung tertutup untuk umum dan warga sekitar. Hal ini diberlakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso dan Jember mengingat status gunung yang sudah memasuki siaga level III. Diharapkan tak ada aktivitas warga dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung.

Seperti diketahui, Raung kembali bergejolak pada Sabtu (4/7) pagi dan mengeluarkan material vulkanik berupa pijaran larva. Menurut keterangan Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, pijaran larva sudah terlihat di atas puncak meski sedikit diselimuti kabut tebal.

Selain erupsi larva, ada sejumlah tremor yang terus terjadi secara beruntung, bahkan terdengar jelas suara gemuruh. Oleh karena itu, status pun ditingkatkan demi keamanan dan lokasi Gunung Raung sudah mulai dipersiapkan jalur evakuasi.

Raung tergolong sangat aktif dalam 5 abad terakhir. Menurut data Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, sudah ada sejumlah letusan yang memakan korban jiwa. Letusan pertama (1586), kedua (1597) dan ketiga (1638) memakan banyak korban jiwa, namun letusan keempat (1730) merupakan yang terdahsyat dengan area wilayah lebih luas.

Sebelum terjadi erupsi lagi di awal Juli 2015, sebenarnya aktivitas gunung sudah meningkat pada 17 – 22 Oktober 2012. Dalam foto Gunung Raung meletus, sudah ada dua lubang magma dan ini disampaikan langsung oleh Satelit Landsat 8 milik (NASA) Amerika Serikat pada 25 Juni 2015 silam.

Menurut informasi seorang petugas di PPGA Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, dahulunya lokasi puncak Gunung Raung hanya memiliki satu buah lubang magma. “Kemungkinan besar satu lubang itu baru saja terbentuk akibat aktivitas vulkanis yang terjadi sejak 2012 silam,” terangnya pada Jumat (3/7/2015) sore.