Baru-baru ini warga Yogyakarta dihebohkan dengan tindakan gila seorang bule wanita yang nekad menyiram Tugu Yogya dengan cat berwarna merah. Bagaimana kronologi dari kejadian unik ini?

Seperti diketahui, Tugu Yogyakarta merupakan ikon legendaris dari Kota Gudeg yang didominasi warna putih. Namun seorang wanita bule beramput pirang justu mencorat-coretnya dengan cat merah.

Tugu Yogya disiram cat (doc/tribunnews.com)
Tugu Yogya disiram cat (doc/tribunnews.com)

Aksi nakal yang dilakukan turis wanita dari luar negeri itu disaksikan langsung oleh Tyo Adi Kurniawan, seorang juru parkir di sekitar Tugu. Dia mengatakan, wanita itu tiba-tiba datang ke Tugu dan langsung mengotori bangunan yang juga dikenal sebagai Tugu Pal Putih tersebut.

“Ada bule wanita datang dari arah barat. Dia menuju Tugu sambil berjalan kaki dan tangannya sudah dilapisi cat merah. Tiba-tiba langsung menuju ke tengah tugu dan menempelkan tangan ke bangunan sambil mengelilingi. Kemudian dia meninggalkan lokasi ke arah selatan,” ungkap Adi dilansir Teknolflas dilansir dari laman Liputan6.com di Yogyakarta, Minggu (5/7).

Menurut pengakuan Adi, peristiwa unik itu berlangsung sekitar pukul 09.00 -10.00 WIB Saat peristiwa itu berlangsung, posisi Adi sedang berada di bagian utara Tugu Yogyakarta.

“Saya kan lihat peristiwa itu, trus bilang ke teman ‘itu kok tangannya di cat merah’, eh ternyata wanita bule itu malah ngotorin tugu,” ungkapnya.

Adi menambahkan, “Sekarang sih pelakunya sudah diamankan ama Polisi. Awalnya si wanita bule itu nggak mau ngaku. Tapi buktinya sudah ada, baju dan rambut kena cat merah,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Kapolresta Yogyakarta Pri Hartono EL masih terus mendalami kasus penyiraman Tugu Yogyakarta.

“Saya belum bisa mengategorikan apakah ini termasuk vandalisme, dijatuh UU tindak pidana ringan atau cagar budaya. Karena tersangka seorang wanita asing, kami masih terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait,” ungkapnya.

Kini warna cat merah yang mengotori Tugu Yogyakarta sudah dibersihkan oleh Satpol PP dan kepolisian. Lalu siapakah wanita bule itu? Mengapa ia tega menyiram ikon Kota Gudeg itu dengan cat?

Informasi sementara menyebutkan bahwa pelaku adalah warga negara Ceko, namun belum diketahui nama dan alamat tempat tinggalnya selama menetap di Indonesia. (Baca:Identitas Bule ‘Galau’ Penyiram Tugu Yogya Akhirnya Terungkap)