Hari Minggu (5/7/2015) pagi, warga Yogyakarta sempat dihebohkan dengan berita aksi ‘nakal’ seorang bule wanita yang menyiram Tugu Yogyakarta dengan cat berwarna merah. Siapakah dia? Apa tujuannya?

Usai diamankan oleh pihak berwajib, identitas bule perempuan yang menyiram Tugu Yogyakarta dengan cat akhirnya terungkap. Dia merupakan warga negara Ceko bernama Yit Kampak, seorang seniman lukis.

pelaku penyiraman Tugu Yogyakarta (doc/tribunnews)
pelaku penyiraman Tugu Yogyakarta (doc/tribunnews)

Yit tertangkap tangan usai menyiram tugu kebanggaan masyarakat Yogya itu dengan cat warna merah. Dia berada di sana sembari menunggu seorang seniman lukis bernama Ugo Untoro. (Baca: Kronologi Tugu Yogya Disiram Cat Merah Oleh Wanita Bule)

Dilansir Teknoflas dari laman merdeka.com, Ugo Untoro mengaku dirinya mengenal Yit namun tidak mengetahui alasan perempuan Ceko itu mencarinya serta untuk keperluan apa.

“Saya kenal Yit Kampak sudah tiga tahun lalu, tapi nggak kenal akrab. Saya hanya dua atau tiga saja menemuinya di ajang pameran seni,” ungkap Ugo saat dihubungi wartawan merdeka.com dilansir Teknolflas, Senin (6/7).

Menurut pengakuan Ugo, wanita bule bernama Yit itu berprofesi sebagai seorang seniman di negaranya, Ceko. Namun dia tak mengenal lebih dekat sosok Yik tersebut.

Yit Kampak, pelaku penyiraman Tugu Yogyakarta
Yit Kampak, pelaku penyiraman Tugu Yogyakarta

“Saya nggak tahu seluk-beluk kehidupannya. Saya cuman tahu asalnya dari Ceko. Mengenai tempat tinggal, saya juga kurang ngerti,” bebernya.

Ugo tidak membenarkan sejumlah pemberitaan yang menurutnya tidak kredibel. Dia kembali menegaskan bahwa hanya mengenal Yit sebatas kenal saja, dan tak pernah berniat ingin memberi jaminan kepada Yit yang kini dibawa oleh pihak kepolisian.

“Ada sejumlah berita di media yang menyebut saya akan menjamin Yit. Saya hanya kenal dia saja, dan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Di sini saya hanya mau meluruskan,” ungkapnya.

Sebelumnya warga Yogyakarta sempat dihebohkan dengan aksi wanita bule yang menyiram tugu Yogya dengan cat merah pada pada Minggu (5/7) pagi. Adapun alasan ia bertindak nekad dan merusak fasilitas umum karena merasa kesal orang yang ditunggunya tak kunjung datang.

Yit Kampak berani menyiram tugu kebanggaan Kota Yogyakarta usai mencari seseorang yang bernama Ugo Untoro. Atas tindakan tak terpuji, wanita yang berasal dari Ceko itu diamankan dan dibawa petugas kepolisian Polresta Kota Yogyakarta.