Pulang mudik ke kampung halaman merupakan momen spesial yang dinantikan sejumlah masyarakat menjelang perayaan Lebaran. Namun bukan hal mudah untuk melaksanakannya, ada sejumlah persiapan yang harus disusun sehingga tak kalang kabut saat keberangkatan dan tiba di tempat tujuan, begitu pula sebaliknya.

Berikut ini tips mudik aman selamat hingga sampai tujuan yang bisa anda terapkan.

tips mudik aman
13 tips mudik aman (doc/inilah.com)

Persiapan

Sebelum keberangkatan di hari H, pemudik harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, mulai dari fisik, mental hingga barang bawaan.

1. Sebelum hari H keberangkatan, pastikan tubuh memperoleh waktu istirahat cukup minimal 6 jam.

2. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan perut tidak dalam keadaan lapar. Disarankan makan dulu sebelum berangkat. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berangkat mudik yaitu sesudah sahur atau subuh.

3. Demi kenyamanan sepanjang perjalanan, disarankan tidak memakai pakaian ketat. Lebih baik pilih pakaian yang agak longgar.

4. Sehari sebelum berangkat mudik, pastikan tubuh memperoleh asupan penting dari makanan bergizi. Perbanyak makanan dari unsur Protein dan Karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi tubuh.

5. Agar tidak membeli makanan selama perjalanan, bawalah bekal yang tahan lama beserta minuman air mineral ataupun sejenisnya.

6. Supaya selalu fit selama perjalanan mudik, jangan lupa membawa obat-obatan seperlunya seperti obat anti mabuk, minyak gosok ataupun obat anti masuk angin. Inilah tips mudik aman kesehatan pun terjaga.

Pengendara

Bagi pemudik yang ingin pulang kampung dengan membawa kendaraan pribadi, ada sejumlah tips mudik aman berkendara hingga selamat sampai tujuan.

1. Bila mata sudah terasa lelah, jangan paksakan diri untuk berkendara.

2. Segera cari tempat istirahat atau parkir bila tubuh sudah merasa capek dan letih.

3. Jangan paksakan diri untuk terus berkendara, luangkan waktu untuk tidur sebentar meski 40-60 menit.

4. Bagi pengendara mobil, usir rasa bosan dengan menyetel lagu favorit dengan volume suara sewajarnya.

5. Selama perjalanan berlangsung, pengendara mobil diharapkan tidak merokok karena menyebabkan kekurangan oksigen.

6. Perbanyak minum air putih yang dapat meningkatkan konsentrasi.

7. Demi mempermudah perjalanan, jangan lupa menginstal aplikasi jalur mudik lebaran 2015 di perangkat Android kesayangan.

Demikian sejumlah tips mudik aman selamat hingga sampai tujuan. Dengan mengikuti semua tips mudik lebaran, segala sesuatu bakal lebih mudah dan lancar.