Walaupun kuantitas dan kualitas transportasi umum semakin meningkat, sebagian pemudik lebih memilih pulang dengan kendaraan pribadi yakni sepeda motor. Tentu ada sejumlah tips mudik dengan motor yang wajib diperhatikan agar selamat sampai tujuan.

tips mudik dengan motor
15 tips mudik dengan motor (doc/joss.today)

Sebelum berangkat

1. Pastikan semua dokumen kendaraan lengkap, baik itu SIM ataupun STNK.

2. Periksa kondisi fisik motor, baik dari segi mesin, oli, rem, lampu, kelayakan roda depan dan belakang. Demi mengantisipasi kondisi cuaca yang kian berubah, bawa serta jas  hujan yang terdiri atas baju dan celana.

3. Bagi pemula yang baru pertama kali mudik dengan sepeda motor, tanyakan informasi seputar suasana dan keadaan yang akan dilewati nanti. Disarankan menginstal aplikasi jalur mudik lebaran 2015 untuk memperoleh informasi paling up to date.

Saat perjalanan

1. Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan ada baiknya berdoa terlebih dahulu.

2. Tips mudik dengan motor yaitu memastikan kenyamaan saat perjalanan. Oleh karena itu, lindungi tubuh dengan mengenakan baju dan jaket yang nyaman, jangan terlalu sempit ataupun longgar.

3. Selalu ikuti peraturan lalu lintas yang berlaku, jangan coba-coba melanggar.

4. Tetap nyalakan lampu kendaraan meskipun di siang hari.

5. Jangan bawa barang berlebih dan jangan letakkan barang bawaan dekat stang yang justru mempengaruhi manuver kendaraan.

6. Jangan membebani kemampuan sepeda motor melebihi rekomendasi perusahaan.

7. Jangan gampang terpancir emosi dari tindakan ugal-ugalan pengendara lain.

8. Mengendarai saat tengah berpuasa jauh lebih berat dibandingkan hari biasa. Oleh karena itu, atur ritme perjalanan. Jangan ragu untuk istirahat bila kondisi panas dan lelah.

9. Selalu perhatian isi bensin kendaraan, jangan ragu untuk berhenti di SPBU dan mengisi ulang hingga penuh.

10. Bila tubuh sudah lelah, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak dengan mendatangi posko-posko mudik terdekat. Tips terpenting mudik dengan motor yakni tidak memaksakan diri ingin cepat sampai tujuan.

Saat istirahat

1. Bila perjalanan mudik tidak terlalu jauh, jangan istirahat terlalu lama yang justru merusak ritme berkendara nantinya.

2. Bila perjalanan mudik tergolong jauh, luangkan istirahat selama beberapa kali di posko atau lokasi tertentu.

Itulah sejumlah tips mudik dengan motor yang bisa anda terapkan. Apabila kampung halaman sangat jauh, adapun tips mudik lebaran yaitu memakai transportasi umum seperti kereta dan sepeda motor dipaketkan agar bisa dipakai jalan-jalan di kampung halaman.