Persaingan motor Sport semakin memanas seiring dengan kehadiran Sonic 150 yang diusung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia. Mesin Honda Sonic 150 membuatnya layak dikategorikan sebagai penantang jagoan anyar Suzuki, yaitu Satria FU.

New Sonic 150 dijuluki sebagai penerus Honda City Sport 1 (CS1) dan disinyalir bakal meramaikan pasar otomotif Indonesia pada bulan Agustus 2015. Isu hangat kehadiran jagoan anyar ini disampaikan langsung oleh ‘orang dalam’ PT AHM.

mesin Honda Sonic 150
Seperti apa sih mesin Honda Sonic 150? (doc/liputan6.com)

“Kehadiran Honda Sonic diperkirakan tidak sampai satu bulan lagi, kemungkinan besar bulan Agustus mendatang sudah resmi hadir di pasaran. Bisa dikatakan bahwa proses launching dilakukan sekitar awal Agustus. Motor ini sengaja dirakit langsung di pabrik milik PT AHM yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat,” ungkap seorang sumber terpercaya dilansir teknoflas dari laman Metrotvnews.

Sang sumber menuturkan, nantinya motor ini akan mengusung teknologi terkini dan mesin yang benar-benar anyar dibandingkan versi lawas. “Dibandingkan pesaing terdekatnya, spesifikasi Honda Sonic 150 jauh lebih unggul. Dari segi harga juga sangat kompetitif,” ungkapnya.

Sumber ‘orang dalam’ PT AHM menyebutkan, New Sonic 150 bakal masuk kategori sepeda motor tipe sport dan bukan kategori bebek seperti pesaing lainnya. “Mesin Honda Sonic 150 bakal memakai kapasitas 150 cc dengan sistem DOHC (Double Over-head Camshaft) rocker arm yang mesin milik CBR 150 cc,” bebernya.

Kehadiran Honda Sonic 150 diharapkan bisa mendongkrak penjualan motor sport besutan Honda di pasar kendaraan roda dua Indonesia. Selama ini penjualan sepeda motor Honda jenis sport tergolong lesu alias kurang ngeget. Walaupun angka penjualan menunjukkan peningkatan positif, namun gagal menggeser Yamaha yang dijuluki rajanya motor Sport di Indonesia.

Mesin Honda Sonic 150 yang disebut setara MX King 150, jagoan andalan Yamaha Indonesia, diharapkan bisa mencuri perhatian konsumen yang ingin membeli motor sport dengan kualitas nomer satu.

Tentu saja bukan hal mudah menggeser pesaing lainnya, ada sejumlah faktor lain untuk merebut hati konsumen Indonesia. Mesin Honda Sonic 150 bukan satu-satunya senjata ampuh karena PT AHM turut menyertakan spesifikasi yang membuat pesaing lainnya gigit jari.