Mobil pribadi atau sewaan jadi salah satu alternatif kendaraan untuk pulang mudik. Selain bebas berangkat dan istirahat kapan saja, pemudik punya banyak waktu untuk bercengkrama dengan keluarga selama menempuh perjalanan.

Pulang mudik dengan mobil pribadi atau sewaan perlu memiliki perencanaan matang agar bisa mengirit bahan bakar alias bensin. Jangan sampai anggaran mudik meningkat tajam akibat pemakaian bahan bakar yang tidak terkontrol.

Berikut ini tips mudik dengan mobil sambil irit pengeluaran bahan bakar alias bensin.

Hemat BBM (doc/kreditgogo.com)
Hemat BBM (doc/kreditgogo.com)

1. Jangan terburu-buru

Tak perlu buru-buru sampai ke tempat tujuan, semakin cepat mobil dipacu maka semakin cepat bahan bakar terbuang. Nikmati waktu dengan santai sembari melihat pemandangan di sekitar perjalanan atau bercengkrama dengan keluarga. Pacu mobil dengan kecepatan tak lebih dari 96 km/jam.

Saat menghadapi jalanan macet, jangan ingak pedas gas terlalu kencang. Percepat laju secara perlahan dan bertahap untuk menghemat pemakaian bahan bakar hingga 5%. Pastikan mobil melaju dalam kecepatan yang stabil.

2. Pemakaian AC secara tepat

Menyalakan AC sepanjang perjalanan? Sebenarnya itu akan membuat mesin kendaraan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin dan itu membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Disarankan untuk mematikan AC saat tengah berkendara dalam kecepatan rendah demi menghemat pemakaian bensin. Nyalakan AC pada saat melaju dalam kecepatan tinggi atau menghadapi situasi macet.

3. Kurangi bobot bawaan

Hindari membawa banyak barang bawaan yang justru membuat bensin lebih boros. Semakin banyak barang bawaan di atas mobil, maka tekanan angin meningkat, mengurangi aerodinamik dan meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 5 persen. Semakin berat bobot mobil, semakin membutuhkan lebih banyak tenaga dan bahan bakar.

4. Hindari pemanasan terlalu lama

Jika ingin menghemat bensin untuk menempuh perjalanan jauh, hentikan kebiasaan memanaskan mesin mobil terlalu lama. Waktu ideal memanaskan mobil hanya 30 detik, bukan 10-15 menit sebelum keberangkatan. Pastikan tak menyalakan AC saat tengah memanaskan mobil.

5. Jangan banyak berhenti

Menempuh perjalanan jarak jauh disarankan untuk berhenti beberapa kali demi istirahat sejenak, tapi usahakan tidak memberhentikan mobil terlalu keseringan. Menghidup-matikan mesin mobil terlalu sering membuat bensin lebih cepat habis. Alangkah baiknya menyediakan waktu istirahat lebih lama selama perjalanan daripada berhenti terus menerus.