Berapa sih harga pembalut kain? Itulah pertanyaan dibenak wanita seiring munculnya kasus pembalut mengandung klorin atau zat pemutih yang dibeberkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Penggunaan klorin di pembalut sekali pakai dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama organ kewanitaan. Zat kimia dapat menguap dan menempel di organ intim, bahkan bisa menyusup masuk hingga kantong kemih dan usus.

harga pembalut kain
Berapa sih harga pembalut kain? (doc/tokopedia)

Sejumlah dokter pun menyarankan para wanita untuk beralih ke pembalut kain yang terbukti lebih aman karena tanpa bahan kimia dan mengusung konsep herbal. Banyak merek tersedia di pasaran sehingga harga yang dipatok pun variatif,

Kisaran harga pembalut kain cuci ulang sekitar Rp 40 ribu – Rp 70 ribu tergantung dari jenis, bahan dan keunggulan tambahan. Harga yang dipatok memang lebih mahal dibandingkan pembalut sekali pakai, namun pembalut kain justru lebih hemat. Kok bisa?

Pembalut kain bisa dipakai berulang kali dengan jangka waktu pemakaian sekitar 2-3 tahunan, berbeda dari pembalut konvensional (sekali pakai) yang langsung dibuang ke tong sampah usai digunakan. Pembalut kain bisa dicuci dan dipakai lagi sehingga tak perlu menyisihkan ‘dana khusus’ setiap bulan untuk membeli pembalut konvensional.

Cara perawatan pembalut kain sangat mudah, sama seperti perawatan pakaian dalam. Pembalut yang sudah dipakai cukup direndam dengan air hangat, lalu cuci pakai deterjen sehingga noda pun lenyap. Setelah dijemur kering, pembalut pun di-setrika untuk menjaganya tetap steril.

Berikut ini kelebihan pembalut kain dibandingkan yang lain.

1. Dibuat dari kain kaos pilihan bermutu tinggi.

2. Daya serap kuat, jadi tak rembes atau bocor.

3. Lebih nyaman dan lembut sewaktu dipakai.

4. Noda darah tidak mudah melekat sehingga gampang dicuci.

5. Lapisan luar dalam terbuat dari bahan kaos berkualitas setara dengan ketebalan 10 lapis.

6. Bisa di-setrika dan tahan panas untuk memastikan bahan tetap steril.

7. Warna tak luntur dan lebih aman dipakai kapan pun.

8. Tak menimbulkan iritasi atau gatal-gatal.

9. Tak ada bahan kimia berbahaya sehingga nihil efek samping.

10. Jangka waktu pemakaian lebih lama, rata-rata sekitar 2-3 tahun.

11. Harga pembalut kain lebih ringan di kantong.

Harga pembalut kain dijamin enggak bakal menambah pengeluaran bulanan, justru bisa menghemat apalagi didukung dengan metode perawatan yang tergolong sederhana layaknya mencuci pakaian dalam. Bagaimana? Tertarik?