Apa yang menjadi penyebab kebakaran PT Mandom di kawasan Cibitung, Kabupaten Bekasi? Usai dilakukan penelusuran oleh pihak kepolisian, dugaan sementara karena ledakan dari kebocoran tabung gas. Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolres Bekasi Kombes Rickynaldo Chairul pada Jumat (10/7) Sore.

“Kebakaran ini akibat terjadinya ledakan hebat dari tabung gas produksi yang mengalami kebocoran. Ledakan membuat api menyambar semua instalasi di ruang produksi. Ledakan terjadi sebanyak dua kali, tepatnya pukul 09.30 WIB,” ungkap Rickynaldo saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.

penyebab kebakaran pt mandom
Apa sih penyebab kebakaran PT Mandom? (doc ilustrasi/tribunnews.com)

Rickynaldo menambahkan, banyaknya korban peristiwa naas ini karena ledakan dan kebakaran terjadi saat aktivitas para karyawan PT Mandom tengah berlangsung.

Ia mengatakan peristiwa ini telah merenggut nyawa dan puluhan luka-luka bakar. Kebakaran hebat berhasil dipadamkan selama satu jam usai kedatangan 8 unit pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi.

Seperti diketahui, penyebab kebakaran PT Mandom yakni ledakan tabung telah mengakibatkan 50 orang terkena luka bakar dan lima orang menghembuskan nafas terakhir.

“Korban yang meninggal dunia ada lima orang. Satu orang dibawa ke RSUD Kabupaten Bekasi, sedangkan empat orang ke RS Polri Kramatjati,” ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Mohammad Iqbal, kepada wartawan, Jumat (10/7).

Sementara itu, lima orang korban luka bakar dibawa ke RS Permata Bekasi, 37 orang ke RS Hermina Grand Wisata dan 8 orang ke RS Mitra Keluarga Bekasi. Saat ini pihak kepolisian tengah menelusuri kronologi kebakaran PT Mandom lebih detail.

Menurut keterangan juru bicara PT Mandom Indonesia, Alia Dewi, kebakaran di mulai pada bagian produksi saat proses produksi tengah berlangsung. “Sekarang kami menghentikan proses produksi, karena hal-hal yang tidak memungkinkan,” ucapnya dilansir Teknoflas dari laman CNN Indonesia, Jumat (10/7/2015).

Polisi menduga penyebab kebakaran PT Mandom adalah kebocoran pipa gas. Saat ini penyidikan terus berlangsung sekaligus mencari kemungkinan adanya unsur lalai yang mengakibatkan jatuhnya korban luka-luka dan meninggal.

“Dugaan sementara kebakaran itu akibat adanya kebocoran pipa gas sehingga meledak. Peristiwa terjadi di tempat gas spray,” ungkap Kombes Mohammad Iqbal, Sabtu (11/7).

Demi mengetahui penyebab pasti kebakaran PT Mandom, pihak kepolisian sudah mengerahkan Tim Puslabfor untuk menyidik dan menganalisa lokasi. Tim akan mengumpulkan saksi-saksi dan meminta keterangan.

“Karena lokasinya cukup besar, setidaknya butuh tiga hari bagi tim untuk bekerja,” tambah Kombes Iqbal.