Cuplikan video kebakaran PT Mandom hasil rekaman amatir tengah menjadi pembicaraan hangat, khususnya warga Bekasi. Seperti diketahui, pabrik yang terletak di kawasan Cibitung itu mengalami kebakaran hebat pada Jumat (10/7/2015) pagi.

Hingga berita ini diturunkan, peristiwa naas itu menewaskan lima orang dan puluhan orang menderita luka bakar serius. Menurut hasil penelusuran pihak kepolisian, dugaan sementara mengarah pada kebocoran tabung yang meledak dan menyambar ruang produksi dimana para pegawai sedang bekerja.

Ilustrasi kebakaran PT Mandom.
Ilustrasi kebakaran PT Mandom.

Menurut dokter yang menangani 20 korban kebakaran di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, luka bakar yang dialami tak hanya di bagian kulit namun menjalar hingga ke saluran pernafasan.

Jika menyaksikan cuplikan video kebakaran PT Mandom di YouTube, pekerja yang menjadi korban mengalami luka cukup parah. “Seluruh korban mengalami luka dengan tingkat sedang dan berat. Tak hanya luka bakar di kulit, tetapi saluran nafas juga,” beber Sumaryono, Direktur Human Resources RSCM, Sabtu (11/7/2015).

Sumaryono menambahkan, enam dari 20 korban memakai alat bantu pernafasan. Korban dengan kondisi seperti itu membutuhkan perawatan intensif. Luka bakar di saluran pernafasan akan membuat korban sulit bernafas.

Sejumlah foto korban kebakaran PT Mandom yang menghiasi media online tanah air memperlihatkan luka bakar cukup serius. Kepala Unit Luka Bakar RSCM Aditya Wardan mengatakan bahwa sebagian korban mengalami luka bakar dengan tingkat 30-70 persen.

Sementara 20 korban kebakaran yang mendapat perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, mengalami luka bakar di bagian wajah. “Semua korban mengalami luka bakar di wajah, sisanya dada dan punggung,” ucap Adhitya Wardana kepada wartawan, Sabtu (11/7/2015).

Rencananya pada Minggu 12 Juli 2015, pihak RSCM akan menjalankan operasi pada korban kebakaran. Operasi akan berlangsung secara bergantian tergantung kesiapan kondisi pasien.

Tayangan video kebakaran PT Mandom di Bekasi memang menjadi buruan sejumlah netizen yang penasaran dengan peristiwa naas tersebut. Rekaman video amatir hanya berlangsung kurang dari tiga menit, bisa disaksikan via situs YouTube yang diunggah oleh akun Kakoeng Todays News dan Much Rouzy.

www.youtube.com/watch?v=Cs7hWdbn3c8

www.youtube.com/watch?v=EBp1rIYcM24

Dalam video amatir kebakaran PT Mandom, api berkobar begitu hebat namun butuh waktu sekitar satu jam bagi 8 unit pemadam kebakaran Bekasi untuk menjinakkan si jago merah. Dugaan sementara peristiwa ini oleh pihak kepolisian yaitu kebocoran pada tabung gas.