Keindahan rambut tak hanya diperoleh dari keramas dan mengikuti perawatan di salon kecantikan, namun wajib diimbangi dengan menghindari sejumlah kebiasaan buruk yang merusak rambut. Berikut ini ada 11 kebiasaan buruk yang dapat merusak keindahan rambut dan perlu dihindari semaksimal mungkin.

kebiasaan buruk yang merusak rambut
Apa saja kebiasaan buruk yang merusak rambut? (doc/foreverliving.com)

1. Membelah rambut bercabang

Melihat helaian rambut bercabang memang bikin gemas, terkadang seseorang suka memegang lalu membelahnya. Padahal kebiasaan tersebut membuat helaian rambut semakin bercabang.

2. Memutar-mutar rambut

Saat panik atau bengong, ada orang yang suka memutar-mutar rambutnya. Padahal kebiasaan tersebut membuat helaian rambut lebih mudah terlepas dari akarnya.

3. Enggan potong rambut

Usut punya usut, memotong rambut memberi efek positif. Rambut akan lebih sehat dan cepat tumbuh.

4. Hindari sisir

Salah satu kebiasaan buruk yang merusak rambut dan jarang diketahui masyarakat umum yaitu menyisir terlalu sering. Ternyata, aktivitas ini bisa membuat rambut lebih rapuh bila terlalu keseringan.

5. Ikat rambut kelamaan

Membuat jambul atau mengikat rambut setiap hari selama seminggu penuh akan melemahkan kekuatan rambut sehingga mudah rontok.

6. Menggosok rambut basah

Ternyata menggosok rambut dalam keadaan basah tidak disarankan. Memeras rambut secara lembut lebih disarankan terutama bagi pemilik rambut panjang.

7. Menyisir rambut basah

Ada pun kebiasaan buruk yang merusak rambut yakni menyisir dalam keadaan basah. Sebenarnya aktivitas ini diperbolehkan, tetapi disarankan memakai sisir dengan jari-jari longgar.

8. Hair spray, catokan dan hairdryer

Rambut semakin melemah usai dipanaskan dengan catokan ataupun hairdryer, bahkan tambah rusak usai terkena sentuhan alkohol yang terkandung di hair spray.

9. Suhu tinggi

Menata rambut dengan menggunakan suhu tinggi tidak disarankan karena justru merusak kondisi rambut.

10. Peralatan penata tak bersih

Semua alat penata rambut harus bersih bebas dari bakteri. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk membersihkan pengeriting, catokan, hairdryer dan sisir.

11. Hindari keramas harian

Keramas setiap hari termasuk kebiasaan buruk yang merusak rambut. Aktivitas ini akan membuat rambut kehilangan minyak alami dan protein sehingga tampak lebih kering.

Demikian 11 kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan rambut dilansir dari laman liputan6.com, Senin (13/7/2015). Dengan menghindari semuanya, rambut akan sehat dan indah selalu.