090713900_1436938990-20150715-citraplutohitamputih
Teknoflas.com –
Misi ekspedisi Pluto yang telah dilakukan oleh The National Aeronautics and Space Administration (NASA) selama sembilan tahun lamanya akhirnya menuai kesuksesan.

Pada Selasa lalu, (14/7/2015), pesawat luar angkasa milik NASA, New Horizon berhasil mencapai orbit Pluto dan berada di dalam lintasan jarak terdekat dengan planet kerdil terjauh di tata surya tersebut.

NASA pun memanfaatkan momen selebrasi ini untuk memperlihatkan Pluto ke dunia dengan membagikan foto perdananya. Uniknya, kali ini debut foto Pluto untuk pertama kalinya tidak diunggah di situs resmi NASA, melainkan di akun Instagram.

Sebelum debut foto Pluto diperlihatkan ke publik, NASA menjelaskan bahwa Instagram merupakan jejaring sosial pertama yang mendapatkan kesempatan untuk mem-posting foto Pluto ke dunia untuk pertama kalinya.

“Kami telah membuat keputusan editorial untuk memberi kesempatan dunia untuk melihat seperti apa Pluto melalui Instagram,” kata John Yembrick, Manajer Media Sosial NASA, sebagaimana dikutip laman Wired, Senin (20/7/2015).

Pihak NASA mengungkap alasannya mengapa mereka ingin mem-posting debut foto Pluto di Instagram. Ini karena Instagram dinilai sangat populer dan digunakan oleh banyak orang.

Di sisi lain, Instagram pun menyambut positif keputusan NASA yang memperlihatkan debut foto Pluto tersebut. “Ini pertama kalinya kami menyadari bahwa Instagram telah diberikan kesempatan langka untuk memperlihatkan sebuah debut fenomena alam yang dapat disaksikan semua orang,” kata seorang juru bicara Instagram.