Teknoflas.com – Semua manusia dikategorikan dalam golongan darah tertentu, yakni A, B, AB dan O. Untuk mengetahui golongan darah seseorang, maka dilakukan uji lab dan hasilnya keluar dalam beberapa menit saja.

Golongan darah sifatnya menurun ke generasi selanjutnya atau keturunan. Hanya fakta itulah yang paling lazim diketahui oleh masyarakat luas. Padahal golongan darah menyimpan misteri yang membuat banyak ilmuwan tertarik mempelajarinya.

Sejumlah fakta menarik berhasil terungkap seperti golongan darah menunjukkan kepribadian dan resiko penyakit tertentu.

Fakta baru golongan darah (doc/algonquincollege.com)
Fakta baru golongan darah (doc/algonquincollege.com)

Dilansir dari laman MSN, Rabu (22/7/2015), berikut ini lima fakta terbaru seputar golongan darah yang wajib anda ketahui.

1. Bakteri usus

Para peneliti Eropa menemukan adanya spesies bakteri di usus manusia dengan golongan darah tertentu. Penelitian beberapa tahun lalu tersebut masih terus dikembangkan, bahkan tim peneliti dari Finlandia telah menemukan korelasi antara strain dan golongan darah tertentu dari bakteri di usus.

2. Gigih bekerja

Peneliti asal Jepang menemukan adanya kolerasi antara kegigihan bekerja dan golongan darah A. Berdasarkan hasil penelitian, golongan darah A lebih rajin dan tekun dalam bekerja meski mengalami tekanan berat seperti lelah ataupun frustasi. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa golongan darah A cenderung memiliki perilaku obsesif-kompulsif, namun penelitian ini tidak terbukti.

3. Gampang stres

Menurut studi US Department of Veterans Affairs di Amerika Serikat, golongan darah O rentan terhadap peningkatan kadar hormon yang memicu stres. Bisa dikatakan bahwa, golongan ini mudah stres. Orang dengan golongan darah O cenderung menyimpan masalah dalam waktu lama sehingga rentan alami stres berkepanjangan.

4. Kecanduan alkohol

Studi di akhir tahun 80-an menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah A rentan terhadap kecanduan alkohol. Darah tipe A bisa mengubah reaksi sistem imun sehingga paling gampang ketagihan minuman beralkohol. Fakta ini turut diperkuat oleh penelitian Badan Jaminan Kesehatan Inggris (National Institutes of Health) yang menyebut 50% golongan darah A cenderung ketagihan alkohol.

5. Disukai nyamuk

Menurut penelitian Japan’s Institute of Pest Control Technology, golongan darah O ternyata dua kali lebih disukai nyamuk dan rentan terkena penyakit malaria. Orang dengan golongan darah O punya kulit sensitif terhadap gigitan serangga/nyamuk yang memicu pelepasan sel sehingga menyebabkan bentol.