Teknoflas.com – Indonesia tak hanya dikenal sebagai negara kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan pulau kecil. Dari Sabang sampai Marauke turut pula berjajar sejumlah gunung, ada yang berstatus ‘tidur’ dan aktif.

Saat ini gunung-gunung di pelosok nusantara mulai bangun dari ‘tidur panjang’ dan memperlihatkan gejala akan terjadinya peristiwa alam, yakni meletus hingga gempa. Akibat peningkatan aktivitas vulkanik, masyarakat yang hidup disekitar kawasan gunung diminta mulai waspada dan mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan.

6 Gunung Status Waspada Di Indonesia
6 Gunung Status Waspada Di Indonesia

Dilansir Teknoflas dari laman Liputan6.com, Rabu (22/072015), ada enam gunung yang tengah mengalami peningkatan aktivitas dan berstatus waspada.

1. Gunung Colo

Gunung yang terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, terakhir kali meletus pada tahun 1983. Sekarang ini terjadi peningkatan aktivitas dari level I (Normal) menjadi level II (Waspada).

2. Gunung Gamalama

Gunung yang terletak dekat Kota Ternate, Maluku Utara, itu mulai memperlihatkan adanya peningkatan aktivitas yakni menyemburkan abu vulkanik. Saat ini status Gunung Gamalama berada pada level II atau waspada.

3. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi yang berada di Pulau Sumatra, tepatnya Provinsi Jambi, saat ini mulai menunjukkan peningkatan aktivitas. Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl sudah memasuki status waspada. Bukan hanya masyarakat Jambi yang wajib mempersiapkan diri, namun masyarakat Sumatera Barat harus melakukan hal serupa mengingat posisi gunung berada di antara kedua provinsi ini.

4. Gunung Raung

Raung ditetapkan sebagai gunung tertinggi kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Semeru. Gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi lokasi pendakian favorit. Beberapa hari belakangan ini, raung terus mengeluarkan abu vulkanik yang mengganggu jadwal penerbangan sejumlah maskapai pesawat.

5. Gunung Semeru

Gunung tertinggi yang berada di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, Semeru sering dijadikan lokasi pendakian para pecinta alam. Mahameru merupakan puncak dari gunung ini, pendaki dianggap belum afdol jika belum pernah menginjakkan kakinya di sana. Kini Gunung yang berada di Jawa Timur ini sudah berstatus waspada.

6. Gunung Sinabung

Gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih terus mengeluarkan debu vulkanik dan luncuran awan panas yang membahayakan keselamatan manusia. Warga yang dahulu tinggal di sekitar kaki gunung tak boleh lagi menempati rumahnya karena aktivitas gunung yang belum reda.