Teknoflas.com – Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, maka wajib meningkatkan asupan protein. Selama ini masyarakat masih salah paham, sehingga tubuh lebih banyak memperoleh asupan karbohidrat dan lemak daripada protein.

Peran protein sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Banyak peneliti dan pakar kesehatan ternama yang sudah membahas hasil temuannya, salah satunya adalah Ade Rai lewat buku yang berjudul ‘Menurunkan Lemak Tanpa Lapar dan Lemas’.

Makanan Kaya Protein
Makanan Kaya Protein

Dilansir Teknoflas, berikut ini tiga alasan mengapa tubuh perlu meningkatkan asupan protein.

1. Kenyang lebih lama

Penyebab utama kegagalan diet adalah ketidakmampuan menahan rasa lapar. Banyak orang yang cepat kelaparan saat tengah menjalankan metode diet tertentu. Semua itu disebabkan kesalahan dalam memilih menu makanan.

Susun menu makanan harian yang lebih banyak mengandung protein daripada karbohidrat maupun lemak. Protein memberi rasa kenyang lebih lama, hal ini disebabkan asam amino yang berasal dari protein mempengaruhi sejumlah hormon pengendali nafsu makan di dalam tubuh seperti ghrelin dan cholecystokinine.

2. Berdampak besar pada laju hormon

Sejatinya, protein merupakan katalis terbentuknya sejumlah hormon penting di dalam tubuh seperti testosteron dan hormon pertumbuhan. Keduanya berdampak besar pada tingkat laju pembakaran lemak, penuaan seseorang hingga pertumbuhan otot.

3. Zat pembangun

Dalam bukunya, Ade Rai menyebutkan protein sebagai zat pembangun atau bahan baku dari jaringan protein di dalam tubuh yang terdiri dari rambut, kuku, kulit dan otot. Bila seseorang hanya mendapat asupan protein dalam kadar yang sedikit, maka secara langsung bakal mempengaruhi kesehatan dan ketahanan jaringan protein.

Tubuh yang kekurangan protein akan memperlihatkan sejumlah tanda seperti rambut gampang rontok, kuku tidak kuat, kulit gampang keriput hingga katabolisme. Oleh karena itu, tingkatkan asupan protein pada menu makan harian demi kesehatan jaringan protein di dalam tubuh.