Teknoflas.com – Toko aplikasi, seperti iOS App Store dan Google Play Android, selalu ramai kunjungan pengguna smartphone yang mencari ‘aplikasi tambahan’ untuk perangkat kesayangan. Aplikasi yang terpampang di sana, ada yang berlabel gratisan dan berbayar.

Aplikasi gratis menjadi buruan pertama pengguna smartphone karena tak perlu mengeluarkan sepeser duit pun, apalagi aplikasi tersebut menawarkan fitur dan fungsi yang memenuhi kebutuhan.

Inikah Bahaya Aplikasi Gratis? (doc/india.com)
Inikah Bahaya Aplikasi Gratis? (doc/india.com)

Tak selamanya aplikasi gratisan bebas masalah, sejumlah developer memanfaatkan situasi dan berbuat nakal sehingga merugikan pengguna smartphone. Berdasarkan penelitian William Halfond dan peneliti gabungan sejumlah Universitas di Kanada, ternyata aplikasi smartphone gratis berdampak buruk bagi paket data, memori dan baterai. Mengapa demikian?

1. Paket Data Internet

Ternyata sejumlah aplikasi gratis yang diunduh dari Google Play dapat menguras paket data hingga 79% lebih banyak. Mengapa itu bisa terjadi? Penyebab utama adalah keberadaan iklan.

Agar iklan bisa ditampilkan di layar smartphone, aplikasi butuh lebih banyak kuota data dari yang seharusnya. Pada beberapa kasus menyebutkan, iklan mobile dapat menyedot paket data yang besarnya setara dengan ukuran aplikasi itu sendiri. Akibat, pemakaian paket data internet membengkak dan cepat habis.

2. Memori

Keberadaan iklan yang kerap muncul di aplikasi gratis juga berdampak buruk pada kinerja prosesor dan memori smartphone. Iklan-iklan mobile membuat prosesor bekerja hingga 48% dan 22% untuk memori RAM. Efek negatif ini membuat kinerja smartphone terasa lebih lambat atau lemot.

3. Baterai

Banyaknya aplikasi gratis di smartphone kesayangan bakal menguras daya baterai hingga 16% dan menyebabkan kapasitas baterai satu jam lebih cepat habis. Keberadaan iklan yang menyedot lebih banyak kapasitas baterai menjadi penyebab utama dari masalah ini.

Solusi

Apa solusi terbaik untuk mengatasi bahaya aplikasi smartphone gratis? Pengguna harus lebih bijak dalam menentukan aplikasi yang harus diinstal dan dihapus. Diharapkan pula untuk tidak menginstal aplikasi dengan fungsi seragam, langkah ini bertujuan untuk meringankan pemakaian prosesor, memori RAM dan memori internal/eksternal.

Tips tambahan: Jangan lupa melakukan scanning dengan antivirus usai menginstal aplikasi gratisan.