Teknoflas.com – Pengguna smartphone kerap menghabiskan waktu mengunjungi toko aplikasi, Google Play (Android) dan App Store (Apple), demi menginstal sejumlah aplikasi dengan beragam fitur serta kegunaan.

Aplikasi buatan developer ada yang gratisan dan berbayar, namun opsi pertama menjadi buruan paling laris. Meskipun bisa diinstal dan dipakai tanpa membayar uang sepeser pun, pengguna akan melihat tampilan iklan sewaktu aplikasi digunakan.

Smartphone lemot akibat aplikasi gratisan? (doc/india.com)
Smartphone lemot akibat aplikasi gratisan? (doc/india.com)

Iklan adalah sumber pendapatan para developer yang menciptakan aplikasi gratisan dan sebagian besar para pengguna tak merasa keberatan saat melihatnya. Akan tetapi, ada sejumlah developer ‘nakal’ yang melakukan sesuatu terhadap aplikasi buatan mereka sehingga iklan bakal terus muncul.

Developer nakal sengaja mengelabui pengiklan demi memperoleh bayaran tinggi. Walaupun itu bukan masalah si pengguna smartphone, namun tindakan curang akan berdampak langsung pada gadget kesayangan.

Menurut laporan terbaru Forensiq, aplikasi gratis yang menampilkan iklan secara berlebihan memberi tiga kerugian, antara lain: kinerja smartphone melambat, paket data internet terkuras dan baterai boros. (Baca: 3 Bahaya Aplikasi Gratis Yang Mengancam Gadget Kesayangan)

Penelitian Forensiq dilakukan langsung terhadap iklan selama periode 10 hari dan ditemukan bahwa 1% dari semua perangkat di Amerika Serikat setidaknya terinstal aplikasi mengandung unsur penipuan.

Sementara di Asia, angka aplikasi mengandung unsur penipuan berada di persentase lebih tinggi, yakni sekitar 2-3%. Tangan-tangan jahil developer telah menghasilkan kerugian belanja iklan mencapai 850 juta Dolar Amerika per tahun, yang mana iklan-iklan tersebut tidak pernah mencapai konsumen dengan tepat.

Keberadaan iklan-iklan tak terlihat pada sejumlah aplikasi milik developer nakal telah membuat smartphone melambat dan rentan crash. Sayangnya, Google atau Apple belum bisa berbuat banyak mengatasi masalah klasik ini.

Kedua toko aplikasi populer (Playstore dan App store) sudah melakukan penyaringan se-ketat mungkin agar tidak ada aplikasi merugikan yang berhasil lolos, namun langkah tersebut kurang berhasil dan pengguna pun merasakan dampak buruk.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh konsumen? Apabila kinerja smartphone melambat dan tiba-tiba crash tanpa alasan, mungkin ada iklan tersembunyi yang berjalan diam-diam di aplikasi gratisan.

Oleh karena itu, hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai dan tergolong memberatkan, serta lakukan scanning dengan antivirus terhadap aplikasi yang baru/sudah lama terinstal.