TeknoFlas.com – Serangan Malware di Android Meningkat. Siapa sangka, rupanya membludaknya jumlah pengguna perangkat berbasis Android dewasa ini, diikuti oleh meningkatnya jumlah ancaman dan serangan malware terhadap sistem operasi mobile karya Google tersebut.

Serangan Malware di Android Meningkat

Bahkan jumlah perangkat Android yang terinfeksi malware dari tahun 2011 ke tahun 2012, meningkat hingga 300 persen, sebagaimana siungkapkan oleh perusahaan keamanan mobile NQ, seperti dikutip dari Ubergizmo, Selasa (16/4/2013).

NQ merinci jumlah perangkat Android yang terkena malware tersebut di tahun 2011 mencapai 10,8 juta. Kemudian peningkatan hingga 32,8 juta perangkat Android terjadi pada tahun 2012.

Dengan kata lain bias dijelaskan telah terjadi peningkatan 163 persen serangan program jahat di seluruh perangkat di tahun 2012, apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tang lebih mengejutkan lagi, NQ mengungkapkan bahwa 95 persen malware yang dideteksi di perangkat mobile, ternyata dibuat khusus untuk perangkat Android. Penemuan tersebut seoalh menggambarkan bahwa platform Android merupakan target utama dari para penjahat cyber.

Masih menurut NQ, tiga negara di dunia dengan tingkat infeksi malware di Android tertinggi adalah China (25,5 persen), India (19,4 persen), dan Rusia (17,9 persen).

Selain mengungkap ancaman malware tersebut NQ juga memberi saran agar para pengguna terhindar dari ancaman serangan malware di perangkat Android. Setiap pengguna disarankan untuk mengunduh atau menjalankan aplikasi dari sumber yang jelas, seperti Google Play Store dan Amazon App Store. Selain itu update sistem operasi dengan versi terbaru juga sangat disarankan untuk memnimalisir serangan malware yang mungkin saja terjadi.